Optimalkan Potensi Desa: Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2024 Membuat Buku Profil Desa Kalangan untuk mendukung Peningkatan Pengembangan Ekonomi Lokal

 
Penyerahan Produk Buku Profil Desa Kalangan 
Kepada Kepala Desa Kalangan


Campusnesia.co.idDesa Kalangan, yang terletak di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, menjadi tempat tinggal sekitar 5.817 jiwa penduduk dengan luas wilayah mencapai 206 Ha. Potensi yang beragam tersebar di berbagai sudut desa ini menjadikan masyarakat dengan mata pencaharian yang bervariasi, termasuk pedagang, petani, buruh pabrik, dan penyedia jasa.

Di Desa Kalangan, warga masyarakat menunjukkan inisiatif dan kreativitas dengan mendirikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Contohnya adalah produksi batu bata dan keripik tempe yang cukup berkembang di Desa Kalangan. Selain itu, desa ini juga memiliki produk lain seperti tahu, tempe, sapu, dan berbagai produk lainnya.

Menyikapi potensi melimpah ini, Mahasiswa TIM 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertugas di Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, melaksanakan program kerja pembuatan buku "Profil Desa Kalangan." Program ini merupakan bagian dari upaya partisipatif dalam memperkenalkan potensi dan pengembangan desa. 

Buku tersebut merinci data dan informasi terkait Desa Kalangan yang mencakup kondisi geografis wilayah, struktur pemerintahan desa, kondisi fisik wilayah, persebaran sarana dan prasarana, kondisi sosial masyarakat, beserta potensi yang dimiliki oleh desa. Dalam proses penyusunan profil desa, mahasiswa KKN UNDIP melakukan pengumpulan data dari arsip di balai desa serta melakukan wawancara dengan berbagai pihak terkait.

Buku "Profil Desa Kalangan" diserahkan kepada Bapak Ratno Widodo selaku Kepala Desa Kalangan dan beberapa perangkat desa lainnya pada tanggal 2 Februari 2024. Pembuatan buku ini mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai pihak desa. Dengan demikian diharapkan dalam pembuatan buku profil desa ini dapat menjadi kegiatan berkelanjutan untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa di masa yang akan datang.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon