Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP Mengembangkan Kreativitas dengan Edukasi Seni Arsitektur Sederhana Pada Anak-Anak Tingkat Tk dan SD di Desa Pringsurat, Pekalongan

 

Campusnesia.co.idKajen, Pekalongan (6/2/2024) – Dalam rangka menumbuhkan kreativitas siswa- siswi, tim 1 Kuliah Kerja Nyata KKN periode 2023/ 2024 Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan bimbingan belajar menggambar dasar arsitektur dan lomba mewarnai bagi siswa jenjang pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), bertempat di Tk Budhi Asih pada Rabu (17 Januari 2024), SDN 01 Pringsurat pada Sabtu (20 Januari 2024), dan SDN 02 Pringsurat pada Sabtu (3 Februari 2024).

Kegiatan ini diawali dengan penjelasan mengenai bentuk dasar arsitektur dan mengajarkan teknik dasar mewarnai pada siswa- siswi. Setelah itu, dilakukan kegiatan mewarnai bersama-sama. Pada kegiatan mewarnai ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta minat dan bakat dalam diri siswa.

Febri Irza TIM 1 KKN UNDIP 2023/ 2024, dapat menjadikan siswa- siswi TK dan SD antusias semangat dikarenakan mayoritas siswa- siswi menyukai kegiatan mewarnai. Menggambar dan mewarnai adalah hal yang disukai oleh anak-anak TK dan SD. Melalui kegiatan ini mereka bisa menuangkan beragam imajinasi, sehingga gambar yang dihasilkan menunjukkan tingkat kreativitas dalam diri siswa. 

Diharapkan dari adanya pemaparan ini, dapat meningkatkan minat anak dalam seni arsitektur sederhana, membuka wawasan baru mengenai seni arsitektur, dan dapat meningkatkan kemampuan motorik anak dalam membuat karya seni arsitektur sederhana yang dapat mendorong anak-anak untuk memiliki imajinasi lebih terhadap lingkungan sekitar. Tak hanya meningkatkan kemampuan motorik anak, kegiatan mewarnai juga dapat membantu anak mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk. Kegiatan lomba mewarnai mendapatkan respon positif dari warga.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon