Mahasiswa TIM 1 KKN Undip 2023/2024 Membuat Desain Gapura Berkelanjutan di Desa Pringsurat, Pekalongan

 


Campusnesia.co.idKajen, Pekalongan (6/2/2024) – Desa Pringsurat, yang terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Desa ini terkenal kuat dengan identitasnya Pring “Bambu” yang memiliki ukiran. Febri Irza TIM I KKN Undip 2023/2024, seorang mahasiswa arsitektur dari Universitas Diponegoro, menghasilkan desain gapura yang menjadi ikon memasuki Desa Pringsurat dengan keindahan seni tradisional yang dimiliki. Desain gapura ini menghadirkan sentuhan seni tradisional khas Jawa yaitu Wayang Gunungan.
 
Dengan melalui proses rundingan dengan pihak perangkat desa, mereka menginginkan adanya keunikan pada desain gapura ornamen bambu dan ornamen ukiran tradisional jawa berupa wayang gunungan untuk memperkaya estetika daerah setempat.

 
Program ini dilaksanakan mulai dari 11 Januari-26 Januari 2024, dimana TIM I KKN Undip melakukan survey lokasi pembangunan gapura, melakukan pengukuran jalan, dan melaksanakan pembuatan desain. Dengan adanya desain ini menjadi referensi masyarakat setempat dalam mempercepat langkah warga kontribusi pembangunan gapura yang berkelanjutan. Gapura atau penanda pintu masuk untuk penunjuk arah bagi pendatang Ketika memasuki ke Desa Pringsurat dan guna memperjelas jalur masuk utama.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon