Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Gelar Edukasi dan Workshop Pencatatan Keuangan Sederhana untuk Pelajar Madrasah Ibtidaiyah Al-Nashiriyah



Campusnesia.co.id Desa Moga, Pemalang - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro menggelar edukasi mengenai pencatatan keuangan sederhana (single-entry) bagi Siswa dan Siswi dari Madrasah Ibtidaiyah Al-Nashiriyah Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan pada ruangan siswa Kelas 4 yang diikuti oleh gabungan dari siswa kelas 4 hingga kelas 6 yang diselenggarakan pada Rabu (24/01/2024).

Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro dari program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis yakni Muhammad Erland Satria Kisanggani. Tema program ini diambil berdasarkan survei lapangan yang menemukan bahwa terdapat kekurangan inisiatif anak-anak di Desa Moga untuk menabung dan melakukan perencanaan keuangan sederhana. Hal ini menyebabkan perilaku overspending pada anak-anak khususnya dalam pembelian jajanan harian dan juga pembelian secara daring. Berdasarkan wawancara terhadap beberapa siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Nashiriyah yang telah dilakukan oleh Erland, para pelajar MI tersebut cenderung untuk menghabiskan uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya pada hari itu juga. Pembelian barang tersebut juga dilakukan tanpa pencatatan sehingga pengalokasian uang cenderung acak.

Dalam kegiatan edukasi ini, para siswa dan siswi diberikan penjelasan mengenai pencatatan single entry yang mencakup definisi yang menekankan pada metode pencatatan, keunggulan sistem single entry untuk pelajar tingkat SD/MI, dan cara kerja atau tutorial mengenai pencatatan yang disajikan dengan membahas suatu contoh soal berikut dengan kolom pencatatannya. 

Seluruh materi dipaparkan secara langsung kepada pelajar yang hadir dengan interaktif dan kolaboratif dimana pelajar juga diajak untuk membaca materi yang tertulis pada booklet yang telah diberikan di depan kelas. Untuk mendukung pemaparan, Erland membagikan booklet yang berisi semua materi yang telah dipaparkan beserta dengan kolom pencatatan kosong dimana pelajar dapat mengisi pengeluaran mereka secara mandiri selama seminggu kedepan. Hal ini dilakukan Erland agar output yang diberikan dari program ini dapat dipergunakan secara langsung oleh pelajar yang hadir pada pemaparan materi di Kelas.


Selain peningkatan pengetahuan, Erland juga memberikan ruang bagi pelajar yang hadir untuk melakukan diskusi, tanya jawab, serta pendampingan pengerjaan kolom pencatatan yang kosong untuk memastikan bahwa pelajar telah memahami materi yang telah disampaikan dengan sebaik-baiknya. Kehadiran Program ini diharapkan dapat membentuk karakter seorang anak karena mereka akan memahami bagaimana menggunakan uang dengan bijak untuk mempersiapkan masa depannya yang diawali dengan adanya pencatatan keuangan mandiri.



Penulis: 
Muhammad Erland Satria Kisanggani
Mahasiswa Jurusan S-1 Akuntansi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Universitas Diponegoro


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon