Dukung Kemajuan Perajin Wuwung Seng, Mahasiswa KKN Undip Membuat Modul Pemeliharaan Alat Pres Wuwung Seng

 


Campusnesia.co.id - Sukoharjo (22/01/2024). Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yang bertempat di Desa Karangtengah, Kecamatan Weru melakukan pendampingan serta pemberian modul mengenai pemeliharaan alat pres wuwung seng kepada perajin wuwung seng yang ada di Desa Karangtengah.

Desa Karangtengah adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Desa ini memiliki potensi kerajinan wuwung seng, yaitu hiasan atap rumah yang berbentuk segitiga dan terbuat dari seng. Kerajinan ini dibuat untuk menggantikan wuwung yang berbahan dasar semen karena lebih praktis.

Salah satu alat yang digunakan dalam proses produksi wuwung seng ini adalah alat pres. Alat ini digunakan untuk membentuk lembaran-lembaran seng menjadi bentuk-bentuk tertentu. Cara kerja alat ini adalah dengan menempatkan lembaran seng di bawah penekan. Penekan tersebut kemudian akan digerakkan dengan cara diputar dengan suatu tuas ke bawah sehingga menekan lembaran seng.

Dalam rangka menjaga kesehatan alat pres wuwung seng, Ghinna Nur Akram (20), mahasiswa KKN Tim 1 Undip, membuat modul pemeliharaan alat pres wuwung seng untuk memudahkan para perajin wuwung seng di Desa Karangtengah untuk melaksanakan kegiatan pemeliharaan. Modul pemeliharaan alat pres wuwung seng ini disusun berdasarkan studi literatur mengenai pemeliharaan sebuah alat dan juga melalui survei yang telah dilakukan sebelumnya.

Isi modul ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian pendahuluan dan bagian pemeliharaan alat pres wuwung seng. Bagian pendahuluan berisi mengenai definisi alat pres wuwung seng dan dasar-dasar pemeliharaan. Sementara, bagian pemeliharaan alat pres wuwung seng berisi informasi cara memelihara alat pres wuwung seng. Selain itu, dilampirkan juga tabel jadwal pemeliharaan alat pres wuwung seng untuk memudahkan pemeliharaan alat secara teratur. Luaran dari program kerja ini adalah kelancaran dalam kegiatan pemeliharaan alat pres wuwung seng untuk memudahkan kegiatan produksi wuwung seng.




Penulis: 
Ghinna Nur Akram 
Teknik Mesin Undip

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Priyo Sidik Sasongko S.Si., M.Kom.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon