Guna Meningkatkan Kualitas Usaha Wuwung Seng, Mahasiswa KKN Melakukan dan Mengedukasi Mengenai Audit ISO

 



Campusnesia.co.id - Sukoharjo (22/01/2024). Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro yang bertempat di Desa Karangtengah, Kecamatan Weru melakukan audit ISO 9001:2015, ISO 1400:2015, dan ISO 45001:2018 di UD. Sri Rejeki 345, salah satu usaha kerajinan wuwung seng yang ada di Desa Karangtengah.

Desa Karangtengah adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Desa ini memiliki potensi kerajinan wuwung seng, yaitu hiasan atap rumah yang berbentuk segitiga dan terbuat dari seng. Kerajinan ini dibuat untuk menggantikan wuwung yang berbahan dasar semen karena lebih praktis.

ISO (International Standardization Organization) adalah suatu organisasi internasional yang berwenang dalam menciptakan ketentuan atau standar untuk diberlakukan di seluruh dunia. Perusahaan yang menerapkan standar ini mendapatkan beberapa keuntungan antara lain meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan, menjamin kualitas produk, serta mengoptimalkan proses produksi.

Dalam rangka memperkenalkan standar ISO pada usaha-usaha kecil, Ghinna Nur Akram (20), mahasiswa KKN Tim 1 Undip, melakukan edukasi serta melakukan audit ISO kepada salah satu usaha di Desa Karangtengah yaitu UD. Sri Rejeki 345 yang memproduksi wuwung seng. Audit dilakukan pada 17 Januari 2024 dengan cara melakukan wawancara serta observasi di tempat usaha. Audit yang dilakukan adalah berkenaan dengan ISO 9001:2015 mengenai sistem manajemen mutu, ISO 14001:2015 mengenai sistem manajemen lingkungan, dan ISO 45001:2018 mengenai sistem manajemen K3. Mahasiswa menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Pada 22 Januari 2024, mahasiswa kembali datang ke tempat usaha untuk melakukan edukasi terkait audit yang telah dilakukan sebelumnya. Mahasiswa menjelaskan apa-apa saja yang perlu diperbaiki dalam melakukan usaha wuwung seng tersebut. Luaran dari program kerja ini adalah pelaku usaha memahami cara melakukan usaha yang melibatkan proses produksi sesuai dengan standar sehingga didapatkan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya.




Penulis: 
Ghinna Nur Akram
Teknik Mesin Undip

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Priyo Sidik Sasongko S.Si., M.Kom.

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon