Lydia Onic Sekaligus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Berikan Tips Etika dan Privasi Media Untuk Anggota Muda Serikat Sosial Vincentius Surabaya

 


Campusnesia.co.id - Lydia Onic yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra berikan tips seputar etika dan privasi media pada kegiatan pengabdian masyarakat menggandeng Serikat Sosial Vincentius Surabaya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan sejak dini pentingnya memiliki etika dalam sosial media dan penjagaan privasi yang baik. Kegiatan ini berlangsung selama bulan November hingga Desember yakni di tanggal 26 November 2023, 3 Desember 2023, dan 10 Desember 2023. Dalam kegiatan workshop yang telah dilakukan, ada sekitar 30 siswa lebih yang telah mengikuti acara ini.  

Lydia Setiawan, merupakan salah satu brand ambassador dari tim olahraga esport Onic, yang mana sekaligus  anggota panitia kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi karena penggunaan sosial media yang masif di era saat ini, membuat batasan-batasan di sosial media menjadi semu sehingga memudahkan terjadinya konflik sosial media. Anak-anak muda dan remaja yang lahir dan besar di lingkungan yang sudah menggunakan sosial media, harus mengetahui pengetahuan bersosial media dan bijak untuk melakukan kegiatan di sosial media. 

Adapun pada materi dalam kegiatan ini terbagi menjadi tiga sesi yang berbeda namun fokus utamanya saling berhubungan. Materi pertama yang disampaikan pada Minggu 26 November 2023 membahas mengenai personal branding di sosial media. Lalu, sesi kedua dilakukan pada Minggu 03 Desember 2023 dengan materi strategi konten sosial media dan cara menyunting video sederhana. Lalu, materi ketiga dibawakan oleh Lidya pada hari Minggu tanggal 10 Desember 2023 dengan materi keamanan privasi dan beretika dalam media sosial. 

Sebagai publik figur, Lidya memberikan beberapa contoh kasus mengenai pelanggaran privasi dan etika bermedia sosial. Misalnya tidak menulis data pribadi di media sosial yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Lalu, Lidya juga menambahkan untuk tidak berkata kotor dan kasar di media sosial karena hal itu merupakan cyber bullying. Ia juga menambahkan agar tidak sembarangan membeberkan privasi orang lain di media sosial karena dapat terjerat pasal UU ITE. 

Menanggapi kegiatan ini, Paulina dari perwakilan Serikat Sosial Vincentius menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra Surabaya ini. 

Paulina mengatakan bahwa tujuan acara ini dapat memberikan maanfat dan pengetahuan mengenai bersosial media dengan baik, bijak, dan penuh tanggung jawab. Para peserta juga dapat membuat personal branding dirinya sendiri di media sosial sesuai dengan apa yang ia inginkan. 

Ia juga berharap semoga kedepannya para anggota Serikat Sosial Vincentius Muda dapat memahami, mengetahui, dan menerapkan materi yang telah diberikan oleh oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra Surabaya. 

Jeremi, salah satu peserta workshop mengatakan bahwa ia senang dengan adanya kegiatan ini karena memberikan banyak pengetahuan mengenai sosial media dan cara melakukan personal branding seperti influencer-influencer sosial media seperti Jerome Polin. Selain itu, ia juga ingin menerapkan mengenai strategi-strategi sosial media agar memiliki pengikut di sosial media yang banyak. 

Kedepannya, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media Universitas Ciputra Surabaya bersama Serikat Sosial Vincentius akan menggelar berbagai kegiatan atau acara untuk dapat memberikan pengetahuan dan berdampak positif pada lingkungan SSV maupun masyarakat. Diharapkannya, kegiatan ini tidak hanya memberikan materi teoritis tetapi juga dapat diaplikasikan oleh seluruh anggota SSV Muda dengan baik. 



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon