Strategi Pintar Tingkatkan Personal Personal Hygiene : Edukasi Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Siswa Melalui Toilet Sekolah yang Bersih

 
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi


Campusnesia.co.id -  Semarang Jawa Tengah, (16/11/2023) - Toilet menjadi fasilitas umum yang identik dengan kebersihan yang tidak terjaga karena dipakai oleh banyak orang. Alhasil, membuat kuman, virus, dan bakteri tumbuh dan berkembang lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang selalu membiasakan membiasakan atau memiliki kebiasaan bersih saat menggunakan toilet. Menjaga kebersihan di toilet perlu diterapkan untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus. Namun, banyak dari siswa/i di sekolah yang menyepelekan hal tersebut karena kurangnya edukasi yang diberikan kepada mereka. Disamping siswa/siswi telah menjaga kebersihan diri di toilet, hal tersebut juga harus di imbangi dengan keadaan toilet yang bersih dan sehat serta terdapat fasilitas di toilet yang lengkap. 

Melihat kondisi demikian, banyak dari siswa/i di SDN Banyumanik 03 yang kurang mengetahui pentingnya menjaga kebersihan diri di toilet. Disamping itu, fasilitas di toilet juga belum lengkap seperti tempat sampah toilet yang belum dipisah antara laki-laki dan perempuan dan belum tersedianya sabun cuci tangan di masing-masing toilet sekolah. Maka dari itu, mahasiswa ingin memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan melalui toilet sekolah yang bersih.

Program kerja dimulai dengan diskusi program kerja kepada kepala sekolah SDN Banyumanik 03 dan menentukan sasaran yaitu siswa kelas 4, 5 dan 6. Melalui kegiatan ini diharapan siswa/i SDN Banyumanik 03 dapat mengetahui dan menerapkan menjaga kesehatan dan kebersihan melalui toilet sekolah yang bersih. Program edukasi dimulai dengan penyampaian materi mengenai dampak yang ditimbulkan apabila toilet sekolah dalam keadaan kotor dan dilanjut dengan pentingnya toilet sekolah yang bersih dan sehat, bagaimana cara menjaga kebersihan toilet sekolah. Mahasiswa juga menyampaikan beberapa tips aman saat menggunakan toilet. Tidak hanya itu, kegiatan edukasi yang dilakukan di SDN Banyumanik 03 juga diselangi dengan tanya jawab bersama.

Ada beberapa alasan mengapa toilet sekolah yang bersih dan sehat sangat penting untuk menunjang kesehatan siswa, diantaranya:

1. Tidak Menyentuh Bagian Atau Benda Di Toilet Secara Langsung

2. Letakkan Barang Bawaan Di Gagang Pintu

3. Bersihkan Area Dudukan Kloset Sebelum Dipakai

4. Tidak Membilas Kloset Saat Duduk

5. Cuci Tangan Setelah Memakai Toilet

Itulah beberapa poin penting mengapa toilet yang bersih dan sehat bisa menunjang kesehatan siswa. Lalu, bagaimana cara untuk menjaga kebersihan toilet sekolah?

1. Menyediakan fasilitas pembersih yang memadai di setiap toilet sekolah
Contohnya seperti sabun tangan, air bersih dan tisu atau lap pengering yang bisa digunakan siswa untuk membersihkan tangan setelah menggunakan toilet.

2. Menjaga kebersihan toilet secara rutin

3. Memberikan edukasi siswa mengenai kebersihan toilet

Toilet sekolah diperuntukkan bagi setiap siswa, sehingga siswa punya peran besar untuk menjaga kebersihannya. Guru dapat memberikan pembelajaran khusus atauapun kampanye sehat mengenai toilet yang bersih dan sehat, cara menggunakannya dengan benar dan lain sebagainya.

Setelah toilet di sekolah sudah dalam keadaan bersih atau sudah sesuai dengan standart toilet yang layak digunakan dan fasilitas di toilet juga memadai, harus diimbangi dengan para siswa/i SDN Banyumanik 03 yang menggunakan toilet juga harus bijak saat menggunakannya supaya toilet selalu terjaga kebersihannya. 

Berikut merupakan tips aman menggunakan toilet agar tidak tertular penyakit:

1. Tidak menyentuh bagian atau benda di toilet secara langsung

2. Letakkan barang bawaan di gagang pintu

3. Bersihkan area dudukan kloset sebelum dipakai

4. Tidak membilas kloset saat duduk

5. Cuci tangan setelah memakai toilet

6. Buang sampah bekas di toilet pada tempatnya
   
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi

Program edukasi ini berjalan dengan lancar, siswa SDN Banyumanik 03 yang menjadi sasaran ikut berpartisipasi aktif saat diskusi. Agar tersebar lebih luas lagi, mahasiswa juga memberikan poster sehingga harapannya dari program ini yaitu menambah pengetahuan siswa SDN Banyumanik 03 Banyumanik mengenai pentingnya toilet sekolah yang bersih dan sehat, cara menjaga kebersihan toilet sekolah, dan tips aman menggunakan toilet. Selain itu, mahasiswa juga memberikan fasilitas toilet sekolah berupa tempat sampah dan sabun cuci tangan untuk masing-masing toilet dengan harapan siswa/siswi tetap menjaga kesehatan dan kebersihan saat berada di toilet.


 
Penulis: 
Denisya Azahra

Editor:
Achmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes dan Adnan Fauzi S.T., M.Kom

Lokasi: 
SD Banyumanik 03 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon