Tanamkan Sejak Dini: Edukasi Penerapan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Anak SD Demi Masa Depan yang Lebih Baik

 
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi 1



Campusnesia.co.id -  Banyumanik - Kota Semarang (20/11/2023).  Semakin meningkatnya jumlah penduduk setiap waktunya, tentunya akan menyebabkan peningkatan limbah yang dihasilkan. Limbah yang dihasilkan harus dikelola dengan benar sehingga dapat mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan individu. Selain dengan cara pengelolaan, hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Konsep 3R bertujuan untuk menekan jumlah timbulan sampah yang dihasilkan. 

Reduce (Mengurangi) adalah kegiatan mengurangi sampah. Maksud dari kegiatan ini adalah dengan cara mengurangi penggunaan produk yang berpotensi menjadi sampah. Contoh dari Reduce adalah membawa botol minum dan alat makan sendiri sehingga tidak perlu memakai alat minum dan makan sekali pakai. 

Reuse (Menggunakan Kembali) adalah kegiatan menggunakan kembali produk yang sudah terpakai. Dengan menggunakan kembali barang tersebut, maka timbulan sampah pun dapat berkurang. Hal yang dapat dilakukan pada tahap ini adalah dengan menggunakan kembali botol bekas air minum sebagai pot bunga. Selain itu, dapat pula dengan menggunakan kembali botol sabun mandi dan mengisinya dengan sabun refill.

Recycle (Daur Ulang) adalah kegiatan mengubah barang bekas menjadi barang lain yang berguna. Hal ini dapat mengurangi timbulan sampah plastik yang ada. Contoh recycle adalah dengan membuat kerajinan dari botol bekas. Barang hasil daur ulang pun dapat dijual untuk menambah pendapatan. 

Sumber: Poster Edukasi Konsep 3R


Konsep 3R ini dapat ditanamkan sejak dini salah satunya pada anak SD. Dengan ditanamkannya konsep 3R, diharapkan mereka akan menerapkan konsep 3R ini kedepannya sehingga dapat mengurangi timbulan sampah di masa depan.

Pada tanggal, 20 November 2023, telah dilaksanakan kegiatan edukasi konsep 3R di SDN Banyumanik 01. Kegiatan ini dilakukan dengan cara memberi pemaparan kepada murid kelas 5 SDN Banyumanik 01. Setelah dilakukan pemaparan, dibuka pula sesi tanya jawab secara interaktif dengan ceria. Peserta kegiatan ini dengan semangat dan antusias mendengarkan pemaparan serta aktif dalam sesi tanya jawab. Selain itu, terdapat poster interaktif untuk mendukung kegiatan edukasi ini. Poster tersebut akan di tempel di beberapa titik di sekolah, seperti mading (majalah dinding).

Dengan diadakannya kegiatan edukasi 3R sejak dini, diharapkan dapat membentuk perilaku anak-anak bangsa ini untuk menerapkan konsep 3R sejak dini sehingga dapat mengurangi timbulan sampah dan dampak negatif lainnya di kemudian hari. 



Penulis: Izzy Nabila

Editor: Ahmad Munandar

DPL: 
Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes dan Adnan Fauzi S.T., M.Kom

Lokasi: 
SDN Banyumanik 01

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon