Penjelasan Perbedaan IP dan IPK serta Sistem Penilaian di Bangku Kuliah

 


Campusnesia.co.id - Untuk sobat mahasiswa yang baru saja menyelesaikan Ujian Akhir Semester ganjil selamat ya, sudah keluar belum nilainya?

Mungkin pada bingung nih, kenapa sistem penilainnya berbeda dengan saat di bangku SMA, gak usah panik yuk coba kita cari tahu bersama tentang istilah nilai dan penilaian di bangku Kuliah.

IP adalah kependekan dari Indeks Prestasi. IP hanya menunjukkan keseluruhan nilai kuliah per semester. Jadi, IP kita setiap semester bisa berbeda-beda tergantung dengan nilai mutu yang kita dapat selama satu semester tersebut.

IPK adalah kependekan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Berbeda dengan IP, IPK merupakan hasil keseluruhan nilai kita dari semester awal sampai semester terakhir.

Jika kita mendapatkan IP di semester 1 berjumlah 3.20 dan IP di semester 2 berjumlah 3.70, maka IPK kita akan menyesuaikan dengan menjumlahkan kedua IP semester kita.

Dibeberapa kampus bisa saja istilahnya berbeda, misalnya di Unair yang menggunakan istilah IPS dan IPK.

Dikutip dari Buku Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga 2022/2023, Hasil proses belajar dihitung sebagai Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks Prestasi Semester (IPS) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa dalam menempuh Mata Kuliah dalam 1 (satu) semester. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa yang dihitung mulai masa awal studi sampai semester terakhir yang telah diikuti.

IPS yang didapatkan setiap semester akan mempengaruhi nilai IPK, seperti yang kita ketahui IPK merupakan nilai kumulatif yang akan didapatkan sejak awal hingga akhir masa studi. Selain itu, terdapat predikat bagi setiap nilai IPK yang berhasil dicapai. IPK digunakan sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program sarjana (S1) dan program diploma (D3 & D4) dengan kriteria sebagai berikut:

a. IPK = 2,76 – 3,00: memuaskan

b. IPK = 3,01 – 3,50: sangat memuaskan

c. IPK = 3,51 – 4,00: dengan pujian (cumlaude).

Nilai IPK yang baik dapat memengaruhi kesempatan mahasiswa untuk mengikuti berbagai macam kegiatan kemahasiswaan, mendapatkan beasiswa, melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan masih banyak lagi.

Singkatnya IPK merupakan penilaian yang diperoleh dari awal masuk kuliah hingga semester akhir secara keseluruhan, sedangkan IPS merupakan penilaian untuk satu semester saja. 


Demikian tadi postingan kita tentang Perbedaan IP dan IPK dan Sistem Penilaian di Bangku Kuliah, semoga bermanfaat sampai jumpa.



sumber:

- https://www.zenius.net/blog/ip-dan-ipk


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon