Optimalisasi Pelaksanaan P3K Melalui Pelatihan Dokter Kecil, Mahasiswa KKN Tematik Bantu Mengoptimalisasi UKS di MI Miftahul Ulum 2

 
Sumber foto: Dokumentasi Pribadi



Campusnesia.co.idSemarang (15/12/2023) - Mahasiswa KKN Tematik “Menstrual Hygiene & Sanitasi Aman” Universitas Diponegoro, Nayla Najiha, melaksanakan program monodisiplin “Pelatihan Dokter Kecil mengenai P3K untuk Mengoptimalisasi UKS” pada siswa MI Miftahul Ulum 02, Kelurahan Rowosari, Tembalang, Semarang pada hari Jumat, 15 Desember 2023. 

Dokter kecil merupakan salah satu program dari puskesmas yang dibentuk untuk membantu keberlangsungan UKS. P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah salah satu materi dasar yang harus dipahami oleh dokter kecil. Namun, pada lapangan, siswa belum secara penuh memahami materi yang diberikan, khususnya pada praktik secara langsung mengenai P3K.

Program diawali dengan mengulas kembali pengetahuan dokter kecil MI Miftahul Ulum 2 mengenai P3K. Selanjutnya pelatihan  dilakukan dengan peran aktif siswa dan siswi dalam mempraktikkan beberapa kasus yang sering terjadi antara lain pingsan, perawatan luka, dan memperkuat dasar mencuci tangan dengan 6 langkah WHO. Kegiatan ditutup dengan tanya jawab dan penyerahan luaran berupa poster mengenai P3K .

Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum 2 menyatakan bahwa dengan adanya program ini, sekolah sangat terbantu dalam memberikan pengetahuan lebih mengenai P3K kepada dokter kecil sebagai upaya dari pengoptimalisasian UKS. 



Penulis: 
Nayla Najiha

Editor: 
Achmad Munandar

Sumber: 
Universitas Diponegoro Semarang

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon