Meningkatkan Kesadaran Anak-anak Untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi dan Mulut Di SD Negeri Sendangguwo 02

 


Campusnesia.co.idKesehatan serta kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu bagian penting dari kesehatan tubuh karena kesehatan dari gigi maupun mulut dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Ketika gigi dan mulut bermasalah maka dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari seperti sulit untuk makan dan minum, dan dapat mengurangi rasa percaya diri. 

Berdasarkan Data Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2018, sebagian besar masalah gigi dan mulut yang sering terjadi adalah karies atau sakit gigi yang mana kebanyakan penderitanya adalah anak-anak dibawah usia 18 tahun. Sehingga sangat penting dilakukan peningkatan kesadaran kepada masyarakat terkhususnya anak-anak untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Kesadaran masyarakat pada usia dini sangat menentukan keberhasilan dalam mempertahankan kesehatan gigi dan mulut. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat maka perlu dilakukan upaya promotif dan preventif.

Melalui program KKNT Undip, salah satu mahasiswa dari Tim KKNT Undip, Jessika Putri Natasya,melakukan sosialisasi tentang menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/siswi kelas 1 (satu) yang mana dilaksanakan pada hari Selasa, 14 November 2023 tepatnya pada pukul 08.00 WIB di SD Negeri Sendangguwo 02.

Pada saat pelaksananaan sosialisasi, penyampaian materi dibarengi dengan interaksi dengan setiap siswa/i, hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para peserta agar dapat menyimak materi yang disampaikan dengan baik. Adapun kegiatan yang dilakukan dimulai dari penayangan animasi yang mana memperkenalkan apa itu kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut, kemudian menyampaikan apa saja fungsi gigi dan mulut, makanan dan minuman apa saja yang dapat merusak gigi dan mulut, masalah apa saja yang dapat terjadi apabila kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga, bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut, dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi masalah pada gigi dan mulut. 

Diakhir sesi sosialisasi, diberikan Quiz dan booklet berisi materi-materi terkait menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut kepada setiap peserta. Quiz diberikan untuk mengukur pemahaman dari peserta terkait materi yang disampaikan, setiap peserta diberikan 1 (satu pertanyaan) yang mana setiap jawaban benar diberikan alat-alat yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut yaitu sikat gigi dan dental flosh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon