Mahasiswa KKN Tematik Undip Memberikan Sosialisasi Pencegahan dan Mengatasi Penyakit Diare Di Kelurahan Sambiroto

 


Campusnesia.co.idDiare merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari mikrooganisme yaitu bakteri, virus, parasite, protozoa, dan penularan secara fekal-oral. Seseorang dapat dianggap sebagai penderita diare pada saat kotoran yang keluar berbentuk cair atau bahkan lebih cair dari biasanya dengan frekuensi 3 kali atau lebih dalam waktu 24 jam. Penyakit diare menyerang berbagai kalangan usia dimulai dari bayi,balita, anak-anak, hinga usia lansia. Berdasarkan data Global Burden Disease (GDB) Tahun 2016 , penyakit diare merupakan penyakit peringkat ke-8 yang menyebabkan kematian sekitar 1,6 juta jiwa orang.

Penyakit diare dapat disebabkan karena pengelolaan air yang kurang bersih dan aman, pengolahan makanan yang kurang baik, sanitasi yang buruk, makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri,virus, parasite, atau protozoa, tidak mencuci tangan dengan baik dan benar, dan perut sensitif. Penyakit diare masih sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. 

Padahal akibat yang disebabkan oleh penyakit diare apabila dibiarkan akan berdampak fatal yang mana bahkan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan bagaiman cara mengatasi penyakit diare. Terutama kepada masyarakat usia remaja, dimana pada usia tersebut mereka masih kurang kesadarannya akan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, maupun menjaga kebersihan lingkungan serta kebersihan diri.

Melalui program KKNT Undip, salah satu mahasiswa dari Tim KKNT Undip, Jessika Putri Natasya,melakukan sosialisasi tentang mencegah dan mengatasi penyakit diare. Sasaran dari kegiatan ini adalah Karang Taruna RT 02 RW 07 yang mana dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Desember 2023 tepatnya pada pukul 17.22 WIB di Balai RW 7 Kelurahan Sambiroto.

Pada saat pelaksanana sosialisasi, penyampaian materi dibarengi dengan diskusi yang mana rata-rata peserta yang hadir menyampaikan bahwa pada saat terkena diare mereka hanya minum obat saja atau bahkan tidak melakukan apa-apa ”Kalau kita sakit diare ya palingan didiamin aja mba soalnya bakalan sembuh sendiri, palingan kalau udah sakit sekali baru kita minum obat yang dibeli dari apotek atau warung” ucap salah satu peserta yang hadir. 

Adapun kegiatan yang dilakukan dimulai dari menggali pengalaman dan tanggapan dari setiap peserta ketika mengalami penyakit diare, memperkenalkan apa itu penyakit diare, apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi penyakit diare. Kemudian tidak lupa juga disampaikan terkait obat-obat yang seperti apa yang dapat diperoleh dengan bebas dan obat-obat yang seperti apa yang dapat diperoleh dengan menggunakan resep dokter. 

Diakhir sesi sosialisasi, diberikan Quiz dan booklet berisi materi-materi terkait pencegahan dan mengatasi penyakit diare kepada setiap peserta. Quiz diberikan untuk mengukur pemahaman dari peserta terkait materi yang disampaikan, dan dari hasil Quiz rata-rata peserta mendapatkan nilai yang sangat baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon