Mahasiswi KKN Tematik Undip Mengadakan Edukasi Pencegahan Bullying di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang

 



Campusnesia.co.id - Pada hari Selasa, 07 November 2023, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang. Dalam kegiatan ini, para siswa siswi diberikan edukasi mengenai pencegahan bullying di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang.

Bullying merupakan tindakan yang disengaja maupun tidak disengaja tetapi dengan jelas menyebabkan ketidaknyamanan, penghinaan, kerugian, kejahatan dan penderitaan bagi korban yang dapat menyebabkan di lingkungan tidak menyenangkan dimana korban sama sekali tidak menginginkan perlakuan tersebut.

Bullying juga merupakan salah satu tindakan perilaku agresif yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah. Kasus bullying kini marak terjadi, tidak hanya di masyarakat namun kasus ini terjadi di dunia pendidikan yang membuat berbagai pihak semakin prihatin termasuk komisi perlindungan anak. Berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir kejadian bullying di sekolah. Dan salah satunya bisa melalui pemberian edukasi terhadap siswa siswi di sekolah. Bullying dapat terjadi pada semua orang, dan dapat dihentikan oleh semua orang.

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan selama 1 jam yang diawali dengan pembukaan, pemberian materi, tanya jawab, berbagi cerita atau pengalaman, dan bernyanyi bersama dengan judul cegah bullying. Selama kegiatan, para siswa siswi berpartisipasi aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan hingga selesai. 

Mahasiswi juga memberikan x banner tentang pencegahan bullying kepada guru sebagai media pembelajaran yang dipajang di tempat strategis. Dengan adanya edukasi ini diharapkan dapat menambah informasi bagi siswa siswi dan menjadikan mereka pribadi yang baik dan menambah wawasan mereka tentang bullying sehingga tidak terjadi bullying di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang.



Editor:
Achmad Munandar
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon