Mahasiswi KKN Tematik Undip Mengadakan Pelatihan Dokter Kecil di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang

 


Campusnesia.co.idPada hari Selasa, 14 November 2023, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang. Dalam kegiatan ini, peserta dokter kecil belajar mengenai kesehatan gigi dan mulut, makanan bergizi seimbang, serta bahaya narkoba dan rokok di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang.

Peran aktif dokter kecil di sekolah telah mendapatkan dukungan penuh dari para guru untuk membiasakan perilaku sehat akan tetapi belum terdapat pelatihan dokter kecil terbaru untuk para peserta setelah masa pandemi covid-19. Pihak Puskesmas pernah melaksanakan pelatihan pada sebelum COVID-19. Namun saat pandemi, pelatihan tidak dapat dilakukan kembali karena adanya pembatasan pertemuan dan belum dilaksanakan kembali hingga saat ini. 

Padahal para siswa yang mendapatkan pelatihan telah duduk di bangku kelas 6 SD dan sudah tidak terlibat aktif pada kegiatan dokter kecil. Dengan adanya kondisi tersebut, maka mahasiswa KKN Tematik UNDIP dengan prodi kesehatan masyarakat mengadakan pelatihan dokter kecil dengan topik makanan bergizi seimbang, kesehatan gigi dan mulut, serta bahaya rokok dan narkoba dengan harapan dokter kecil ini dapat menjadi pioner kesehatan di sekolah. 


Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 jam yang diawali dengan pembukaan, pemberian materi, praktik, dan games. Selama pelatihan, para siswa berpartisipasi aktif dan bersemangat mengikuti kegiatan hingga selesai. Pemaparan materi juga didukung oleh media praktik, video, dan materi yang menarik. Mahasiswi juga memberikan poster tentang pilar gizi seimbang, kesehatan gigi dan mulut, dan bahaya rokok dan narkoba kepada guru penanggung jawab UKS sebagai media pembelajaran yang dipajang di tempat strategis. 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah informasi bagi dokter kecil dan menjadikan mereka sebagai pemimpin sehat bagi teman-teman di sekitarnya serta membudayakan perilaku sehat khususnya terkait makanan bergizi, kesehatan gigi dan mulut, serta mengetahui bahaya rokok dan narkoba bagi seluruh siswa di SDN Banyumanik 02 Kota Semarang.



Editor: 
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon