Mengenal Perencanaan bisnis dan potensi bisnis melalui BMC bersama Mahasiswa KKN UNDIP dan pemuda desa Troketon

 
Pelaksanaan program monodisiplin mengenai perencanaan bisnis 
dan potensi bisnis melalui BMC


Campusnesia.co.idKlaten (19/07/2023) – Desa Troketon merupakan wilayah yang terletak di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Desa Troketon memiliki kondisi geografis yang luas, dimana terdiri dari 37 RT dan 16 RW. Dimana artinya terdapat sumber daya yang besar baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Adanya sumber daya ini merupakan salah satu keunggulan yang dapat dioptimalkan oleh penduduk Desa Troketon. 

Namun seringkali menggali dan memunculkan potensi ide bisnis menjadi hal sulit bagi masyarakat ketika ingin membangun sebuah bisnis. Masyarakat harus peka terhadap lingkungan sekitar termasuk kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh lingkungan tersebut. Masyarakat juga harus mempunyai perencanaan yang matang dan terukur agar ketika mereka menjalankan bisnis, maka bisnis tersebut akan minim terhadap resiko-resiko yang akan muncul di masa mendatang.

Pelaksanaan program ini diawali dengan survei potensi dan lingkungan di Desa Troketon. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan materi perencanaan bisnis dan potensi ide bisnis melalui Business Model Canvas (BMC) yang kemudian disosialisasikan kepada anggota karang taruna setya muda utama Desa Troketon. 

Metode perencanaan bisnis yang disosialisasikan dan diberikan pendampingan adalah Business Model Canvas (BMC). BMC ialah sebuah perencanaan bisnis yang memiliki format yang singkat dibandingkan dengan proposal perencanaan bisnis. Dalam BMC terdapat 9 elemen yang memuat. Dimana keuntungan dari penggunaan BMC adalah lebih efisien waktu, lebih terstruktur , lebih mudah dilihat dan dipahami secara visualisasi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pemuda dapat lebih mudah menggali ide bisnis mengenai potensi yang ada di Desa Troketon dan dapat membuat perencanaan bisnis yang matang dan lebih terstruktur untuk jangka panjang.



Penulis: 
Putri Puspita Sari (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen: Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng., IPU
Dinalestari  Purbawati, S.E., M.Si., Akt 
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Lokasi: 
Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon