Mahasiswa KKN UNDIP Manfaatkan Adanya UMKM Telur Asin Sekaligus Menaikkan Daya Saing Produk Dengan Melakukan Inovasi Produk Kerupuk Dari Telur Asin

 
Pelaksanaan program monodisiplin inovasi produk 
dengan pelaku UMKM telur asin di desa Troketon


Campusnesia.co.idKlaten (03/08/23) – Bisnis dibidang kuliner saat ini begitu menjamur di masyarakat. Adanya produk-produk baru yang muncul ke pasar, baik berupa varian baru maupun bentuk diversifikasi produk membuat pilihan masyarakat dalam memutuskan pembelian menjadi lebih variatif. Salah satu bisnis di bidang kuliner yang ada di desa Troketon yaitu adanya umkm pengrajin telur asin. Dimana dalam proses produksinya, telur asin melewati proses yang panjang dan memakan waktu yang lama. 

Adanya pesaing dari luar juga dapat menghambat jalannya bisnis telur asin ini apabila tidak dilakukan adanya suatu langkah-langkah dalam mempertahankan maupun meningkatkan penjualan produk hasil umkm tersebut. Melihat hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP memiliki gagasan dalam rangka meningkatkan nilai jual telur asin dan mempertahankan serta memperluas pangsa pasar bisnis dengan melakukan inovasi produk. Dimana telur asin yang biasanya hanya direbus atau dikukus, diolah menjadi kerupuk telur asin.

Pelaksanaan program dilaksanakan dengan diawali penyampaian ide inovasi produk kepada pelaku UMKM telur asin dan dilanjutkan dengan trial and error mengenai resep dan langkah-langkah pembuatan kerupuk dari telur asin. Dimana proses pembuatannya memakan waktu beberapa hari karena harus melewati proses yang lumayan panjang. Dimana adonan kerupuk dikukus dan selanjutnya harus dijemur dulu sampai kering agar nantinya bisa untuk digoreng.

Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi pelaku UMKM telur asin utamanya di desa Troketon serta membuat masyarakat sekitar ikut terpantik untuk lebih inovatif dan kreatif mengenai potensi-potensi yang ada di sekitar mereka, sehingga juga akan membuka peluang bisnis bagi masyarakat.



Penulis: 
Putri Puspita Sari 
(Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen: 
Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng., IPU 
Dinalestari  Purbawati, S.E., M.Si., Akt 
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Lokasi: 
Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon