Mengabdi Untuk Keselamatan: Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Prosedur K3 di Desa Lengking, Kec Bulu. Kab Sukoharjo

 


Campusnesia.co.idPada tanggal 24 Juli 2023, seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip) bernama Hilman Nasher yang sedang menjalani program kuliah kerja nyata (KKN) berhasil melakukan program kerja di lingkungan produksi pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya yang berlokasi di Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Alasan diadakan program ini karena dirasa lingkungan produksi CV Lembu Mulya kurang tertata sehingga memungkinkan terjadi inefisiensi dan menghambat performa pekerja.

Yang dimaksud dengan prosedur K3 perkantoran merupakan suatu sistem manajemen K3 yang diselenggarakan di lingkungan kerja perkantoran. Aturan – aturan tersebut menyangkut pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja demi terciptanya lingkungan kerja yang efisien, aman dan produktif 

Dalam penyelenggaraan K3 patrik kecil atau industri kecil, contoh prosedur yang sebagian besar ditetapkan dalam K3 pabrik kecil atau industri kecil sebagai berikut:

1. Pembuatan rencana K3

2. Pelaksanaan atas rencana yang telah ditetapkan

3. Pemantauan kegiatan

4. Peninjauan dan peningkatan kerja

5. Pembinaan dan pengawasan kerja

6. Evaluasi pelaksanaan K3

Semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan prosedur K3 dilakukan sebagai suatu keharusan oleh pengelola, karyawan, pengunjung, masyarakat dan pemilik perusahaan dengan memenuhi segala standar aturan K3 yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Dalam proyek KKN ini, Hilman Nasher memberikan bimbingan kepada para pekerja di pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya untuk menerapkan prosedur K3 dalam lingkungan kerja mereka. Dengan bekerja sama dengan manajemen pabrik untuk mengkoordinasikan pekerja agar selalu menerapkan K3.

Hasil dari proyek ini sangat positif. Setelah penerapan procedure K3, Keamanan dan keselamatan kerja meningkat secara signifikan. Pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan lingkungan kerja lebih rapi, mengurangi risiko kecelakaan dan memudahkan pekerja dalam menemukan dan mengambil alat-alat kerja yang diperlukan. Selain itu, dibuat juga sebuah poster mengenai K3 dan ditempelkan di dinding pabik agar selalu mengingatkan pekerja untuk melakukan K3.

Melalui dedikasinya dalam menerapkan prosedur K3 di lingkungan produksi pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya, Hilman Nasher telah membuktikan bahwa konsep manajemen modern dapat memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan kinerja dan efisiensi suatu perusahaan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon