Tanggap Kebakaran! Mahasiswa KKN Undip dan Masyarakat Desa Lengking, Kec. Bulu, Kab Sukoharjo Terlibat Dalam Sosialisasi Evakuasi Tanggap Bencana

 


Campusnesia.co.idPada tanggal 24 Juli 2023, seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip) bernama Hilman Nasher yang sedang menjalani program kuliah kerja nyata (KKN) berhasil melakukan program kerja di lingkungan produksi pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya yang berlokasi di Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. 

Alasan diadakan program ini karena dirasa lingkungan produksi CV Lembu Mulya merupakan pabrik industri ceci yang menggunakan beberapa mesin dan generator sehingga memungkinkan terjadi bencana kebakaran atau bencana alam lainnya yang berpotensi merugikan keselamatan dari pekerjanya 

Evakuasi tanggap bencana kebakaran ini merupakan langkah yang dapat diterapkan ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan. dalam prosedurnya, evakuasi tersebut ada beberapa langkah yaitu:

1. Tetap tenang dan jangan panik

2. Apabila sumber api dapat dipadamkan, maka dapat langsung dilakukan pemadaman sumber api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

3. Segeralah menuju titik kumpul yang ada di tempat tersebut untuk menunggu instruksi berikutnya

4. Segera hubungi petugas tanggap darurat pemadam kebakaran (DAMKAR) Sukoharjo dan petugas pelayanan kesehatan wilayah terdekat

Dalam proyek KKN ini, Hilman Nasher memberikan bimbingan kepada para pekerja di pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya untuk sosialisasi evakuasi bencana kebakaran dalam lingkungan kerja mereka. Dengan bekerja sama dengan manajemen pabrik untuk mengkoordinasikan pekerja agar data melakukan prosedur evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hasil dari kegiatan ini sangat positif. Setelah sosialisasi evakuasi bencana ini, Para pekerja di pabrik CV. Lembu Mulyo lebih waspada dengan aktifitas yang dapat menyebabkan bencana kebakaran. Pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan lingkungan kerja lebih rapi, mengurangi risiko kecelakaan dan memudahkan pekerja dalam menemukan dan mengambil alat-alat kerja yang diperlukan. 

Selain itu, dibuat juga sebuah poster evakuasi bencana kebakaran berukuran A1, marka jalur evakuasi dan marka titik kumpul yang ditempelkan di dinding pabik agar selalu mengingatkan pekerja bagaimana prosedur evakuasi jika terjadi hal hal yang tijdvak diinginkan.

Melalui dedikasinya dalam sosialisasi evakuasi tanggap bencana di lingkungan produksi pabrik pakan ternak CV Lembu Mulya, Hilman Nasher telah membuktikan bahwa evakuasi tanggap bencana dapat memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam bekerja dan cara evakuasi ketika terjadi bencana pada suatu perusahaan industri pabrik kecil.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon