Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Website Profil Desa Pemaron untuk Mengungkap Potensi Desa

 


Campusnesia.co.idBrebes, (10/08/2023) – Pengembangan teknologi informasi dan internet yang sedang terjadi saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berbagai macam aspek bisa dicapai dari manfaat perkembangan teknologi informasi dan internet, sebagai contohnya yaitu pengembangan di wilayah pedesaan. 

Pemanfaatan teknologi tersebut dapat upaya dalam mengoptimalkan potensi dan sumber daya desa yang nantinya akan meningkatkan kualitas desa termasuk masyarakat di dalamnya. Dalam konteks ini, salah satu desa yang sudah mulai menggunakan perkembangan teknologi informasi dan internet adalah Desa Pemaron yang terletak dibrebes oleh campur tangan Mahasiswa KKN Tim II Undip yang sedang bertugas di Desa Pemaron. Melalui program multidisiplin dari kelompok KKN Undip tersebut, yaitu pembuatan website desa, sekarang Desa Pemaron mulai menuju kemajuan teknologi informasi dan internet.

Tujuan utama dari program kerja ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Pemaron melalui pemanfaatan teknlogi digital. Mahasiswa KKN Undip mempunyai tujuan dalam pembuatan website ini, yaitu untuk mengintegrasikan informasi dan layanan yang relevan dengan desa ke dalam platform berbasis website agar lebih mudah diakses oleh masyarakat serta mendukung pembangunan dan pengembangan desa secara berkelanjutan. Website ini nantinya akan menjadi platform bagi penduduk desa untuk mengakses informasi penting, berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar terutama organisasi masyarakat yang ada di Desa Pemaron dan pastinya untuk mempromosikan potensi yang dimiliki oleh desa kepada khalayak umum.

Dalam pembuatannya, Mahasiswa KKN Undip melakukan survei dan konsultasi terlebih dahulu kepada para perangkat desa, apa saja yang diperlukan nantinya yang akan dimasukkan kedalam website tersebut. Setelah melakukan survei, didapatkan yang diperlukan dalam web tersebut adalah terkait informasi umum yang dimiliki desa, potensi dari desa, dan organisasi masyarakat yang ada di desa pemaron. Selanjut nya dalam keberjalanan membuat web tersebut, konten didalam web tersebut ditambahkan berupa dashboard kependudukan yang bisa diupdate setiap saat yang juga merupakan progra monodisiplin dari salah satu anggota dan juga menambahkan terkait reportase program yang sudah dilakukan oleh para anggota tim KKN Undip tersebut.

Setelah proses pembuatan selesai, hal yang selanjutnya dilakukan oleh kelompok KKN Undip tersebut adalah melakukan pengujian dan meminta respon dari beberapa pencoba yang nantinya hasil dari respon tersebut akan disesuaikan lagi oleh para kelompok KKN tersebut. Setelah proses penyesuaian selesai, dilakukan peluncuran dan pelatihan terkait website tersebut kepada perangkat desa pada tanggal 10 Agustus 2023. 

Pelatihan sederhana tersebut diberikan kepada perangkat desa agar nantinya website tersebut bisa dilanjutkan pengelolaannya dan pemeliharaannya oleh SDM yang dimiliki oleh perangkat desa. “Website desa ini akan berguna banget untuk desa pemaron kedepannya, apalagi dengan ada nya pelatihan ini, harapannya website ini bisa dilanjutkan oleh kami seterusnya.” ujar mas Gesang, salah satu perangkat desa yang mengikuti pelatihan website tersebut.

Program kerja ini menunjukkan kontribusi nyata dari Mahasiswa KKN Undip dalam menggerakkan era transformasi digital dimasyarakat pedesaan, terutama desa pemaron. Dengan pembuatan website ini, Desa Pemaron kini memiliki platform untuk menghubungkan masyarakat dengan teknologi informasi, melihatkan potensi desa keluar, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bermasyarakat. Melihat potensi ini, diharapkan upaya serupa dapat dilakukan oleh desa-desa lain sebagai bagian dari upaya untuk mendigitalisasikan wilayah pedesaan karena pengembangan keterampilan dibidang teknologi kepada masyarakat desa juga dapat menjadi fokus pelatihan lanjutan.



Penulis: Tsahawala Nitro Habibullah - Statistika
Dosen Pembimbing Lapangan: Nikie Astorina Yunita Dewanti., S.KM., M.Kes
Lokasi KKN: Desa Pemaron, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon