Cegah Stunting dengan Pedoman BKKBN, Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Inovasi Resep Makanan Pendamping Puding Kacang Hijau untuk Optimalisasi Tumbuh Tembang Anak

 


Campusnesia.co.idBrebes, (10/08/2023) – Kecamatan Brebes merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Brebes yang menjadi wilayah dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro tahun ajaran 2022/2023. Beberapa permasalahan yang ada di Kecamatan Brebes yaitu berkaitan dengan stunting, kemiskinan ekstrem dan angka putus sekolah yang masih cukup tinggi. 

Desa di Kecamatan Brebes yang dijadikan sebagai lokasi KKN kelompok kami yaitu Desa Pemaron dengan potensi yang berasal dari sektor bawang merah sebagai sektor utama perekonomian masyarakat. Mayoritas masyarakat Desa Pemaron berprofesi sebagai buruh pengelola bawang merah. Sedangkan permasalahan yang menjadi perhatian penting di Desa Pemaron adalah permasalahan stunting pada balita. 

Oleh karena itu, Penyuluhan Cegah Stunting dengan Pedoman BKKBN dianggap penting, adapun inovasi resep makanan pendamping sebagai upaya optimalisasi tumbuh kembang anak. Kecamatan Brebes khususnya Desa Pemaron mudah ditemukannya tanaman kacang hijau. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan oleh tim adalah melakukan penyuluhan serta demo pembuatan puding kepada anggota PKK desa, makanan puding kacang hijau sebagai pendamping makanan pokok terhadap balita.

Program multidisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro dilaksanakan melalui tahapan dari adanya; penyuluhan kepada kader posyandu, sosialisasi kepada ibu hamil & ibu yang memiliki anak balita. Adapun demonstrasi pembuatan Puding Kacang Hijau sebagai makanan pendamping untuk balita & usia lanjut. Pelaksanaan program sebagai berikut;

Pertama, penyuluhan dengan pedoman booklet BKKBN dilaksanakan pada hari kamis 20 Juli 2023 berlokasi dirumah kader posyandu, kegiatan ini diawali dengan pengenalan data stunting yang ada di Desa Pemaron dan dilanjutkan dengan edukasi mengenai gizi ibu hamil.

Kedua, sosialisasi dengan cara mengikuti kegiatan posyandu pada tanggal 13, 23, 26 Juli & 5 Agustusn 2023, tema stunting menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Dalam upaya mendukung program stunting, perlu diberikan edukasi mengenai gizi sejak dini sesuai dengan pedoman BKBBN, salah satunya mengedukasi para ibu hamil yang kelak akan menjadi orang tua.

Ketiga, pada hari sabtu, 5 Agustus 2023 telah dilaksanakan program multidisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengenai pembuatan produk makanan pendamping yaitu Puding Kacang Hijau bertempat Posko KKN Desa Pemaron. Program ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Salah satu mahasiswa KKN, Ages Natasia, menjelaskan sembari mendemonstrasikan pembuatan Puding Kacang Hijau dihadapan para kader posyandu, bagaimana pentingnya gizi anak sejak dini dalam memperhatikan makanan pendamping sebagai upaya optimalisasi tumbuh kembang anak.

"Puding Kacang Hijau bisa dibuat dengan mudah sebagai makanan pendamping anak, selain itu puding juga bisa disajikan untuk lansia. Dengan pemberian gizi yang optimal diharapkan mampu mengentaskan stunting di Desa Pemaron dikemudian hari ," ujar Ages Natasia.

Demikian program multidisiplin Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro dalam upaya Cegah Stunting dengan Pedoman BKKBN.



Penulis: Radiatri Mahardika Dewangga – Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing Lapangan: Nikie Astorina Yunita Dewanti., S.KM., M.Kes
Lokasi KKN: Desa Pemaron, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon