Mahasiswi KKN Tim II UNDIP Membantu Mengatasi Limbah Minyak Jelantah dengan Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Lilin Aroma Terapi





Campusnesia.co.id[Klaten, 13/08/2023] - Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan limbah minyak jelantah yang masih dibuang sembarangan di selokan, sebuah tim dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) telah mengambil langkah kreatif dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada Remaja / Karang Taruna Desa Troketon serta ibu-ibu PKK di RT 31 RW 13, Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Melalui kegiatan ini, mereka mengajarkan dan memberikan pelatihan pembuatan lilin aroma terapi yang bermanfaat dari minyak jelantah, menciptakan solusi yang berkelanjutan dan merangkul kepedulian terhadap lingkungan serta dapat dijadikan sebagai ide bisnis.
 
Vita Mutiara, sebagai mahasiswi yang memimpin kegiatan ini mengungkapkan, "Bahwa limbah minyak jelantah dapat merusak kesehatan tubuh maupun dapat mencemari lingkungan. Oleh karena itu, kami ingin memberikan solusi yang lebih baik melalui edukasi dan pelatihan tentang pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah yang membawa manfaat."

Kegiatan dimulai dengan sesi pengenalan mengenai dampak negatif dari pembuangan limbah minyak jelantah ke selokan dan lingkungan, serta dampak penggunaan secara berulang untuk penggorengan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Tim KKN UNDIP juga menyajikan data dan fakta tentang bahaya polusi air dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya.




Kegiatan edukasi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang manfaat dan cara pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah, termasuk proses pengumpulan dan penyaringan minyak jelantah, pencampuran dengan bahan-bahan seperti paraffin, stearin, serta penggunaan pewarna dengan krayon bekas dan aroma alami / pengharum. Setelah sesi penyuluhan, dilanjutkan tahap praktik pembuatan lilin oleh mahasiswi KKN UNDIP. Mereka memberikan panduan dan bimbingan langsung secara detail.

Ketua PKK Ibu Tarto mengatakan "Saya awalnya tidak tahu bahwa minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk membuat lilin yang bermanfaat. Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswi KKN UNDIP yang telah berbagi pengetahuan ini kepada kami. Kegiatan ini bukan hanya mengajarkan kami cara mengatasi limbah minyak jelantah, tetapi juga memberikan kami keterampilan baru yang bermanfaat. Kami berharap bisa menjaga lingkungan dengan lebih baik melalui upaya seperti ini."


Pada akhir acara, mahasiswi KKN UNDIP memberikan lilin aroma terapi yang telah mereka buat kepada beberapa Ibu-Ibu PKK dan mereka merasakan manfaat relaksasi dan keharuman yang dihasilkan oleh lilin tersebut. Mahasiswi Tim KKN UNDIP berharap bahwa pengetahuan ini akan memberikan dampak jangka panjang dengan mengurangi pembuangan limbah minyak jelantah dan mendorong pemanfaatan kreatif terhadap bahan-bahan yang sebelumnya dianggap sebagai limbah dapat menjadi penghasilan.



Oleh: 
Vita Mutiara Rahmawati
Mahasiswi Teknik Lingkungan KKN Tim II UNDIP Tahun 2022/2023 

Dosen Pembimbing : 
Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng., IPU
Dinalestari Purbawati S.E.,M.Si., Akt. 
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon