Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Berikan Edukasi dan Pelatihan Pembuatan ECOBRICK dari Sampah Plastik di Desa Troketon



Campusnesia.co.id [Klaten, 13/08/2023] - Di tengah semangat untuk melestarikan lingkungan dan upaya mengurangi permasalahan sampah plastik, mahasiswi dari KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) telah mengambil inisiatif yang luar biasa dengan memberikan edukasi dan pelatihan tentang pembuatan ecobrick dari sampah plastik kepada ibu-ibu PKK di RT 31 RW 13, Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Kegiatan ini tidak hanya membantu mengurangi sampah plastik, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya pengelolaan limbah plastik. 
     
Tingginya volume sampah plastik yang masih menjadi masalah hingga saat ini dan mayoritas warga masih hanya membakar sampahnya karena kurangnya pengetahuan akan pentingnya mengurangi dan mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna. Oleh karena itu, Mahasiswi KKN UNDIP memberikan edukasi dan pelatihan terkait “Ecobrick”. Ecobrick adalah bata ramah lingkungan yang merupakan salah satu inovasi sebagai pengolahan sampah plastik yang umumnya berisi kemasan makanan/minuman, kemasan deterjen, kantong plastik sekali pakai, dan lain-lain.


Vita Mutiara salah satu mahasiswi yang memberikan edukasi dan pelatihan pada kegiataan ini, menyatakan dengan antusias “Saya sangat senang bisa berkontribusi dalam upaya melestarikan lingkungan melalui edukasi ini. Tujuan saya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada Ibu-Ibu PKK tentang cara mengubah sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna yaitu Ecobrick, karena melalui ecobrick kita bisa susun menjadi meja, kursi, tempat sampah, taman, dan lain-lain.”


Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 WIB di rumah Ibu Kasmi RT 31 RW 13 Desa Troketon, yang dihiasi dengan poster-poster informatif tentang “Ecobrick”, dilakukan edukasi yang meliputi penjelasan Ecobrick, dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan, jenis-jenis sampah plastik yang dapat dijadikan bahan baku ecobrick, proses pembuatan, serta penggunaan ecobrick dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat bangku atau pagar dll. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan pelatihan atau praktik pembuatan Ecobrick oleh mahasiswi.
Ketua PKK RT 31 RW 13 Desa Troketon, Ibu Tarto, mengatakan "Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswi KKN UNDIP yang telah meluangkan waktu untuk mengajarkan kami tentang ecobrick. Awalnya kami tidak tahu sama sekali dengan ecobrick, setelah kegiatan ini kami menajdi tahu dan semoga kedepannya kami bisa menerapkan ilmu ini dan menggunakan ecobrick untuk keperluan di lingkungan sekitar kami."

Pada akhir acara, mahasiswi KKN UNDIP juga memberikan penutup dan harapan agar Ibu-Ibu PKK bisa menjadi perempuan inspiratif selamatkan bumi, dan mereka berharap agar pengetahuan ini bisa terus menyebar dan mendorong lebih banyak orang untuk memanfaatkan sampah plastik dan mengurangi penggunaannya demi masa depan yang bersih, dan berkelanjutan.



Oleh: 
Vita Mutiara Rahmawati
Mahasiswi Teknik Lingkungan KKN Tim II UNDIP Tahun 2022/2023 

Dosen Pembimbing: 
Prof. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng., IPU
Dinalestari Purbawati S.E.,M.Si., Akt. 
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon