Fun Learning Matematika Sekolah Dasar Bersama Mahasiswa KKN UNDIP

 


Campusnesia.co.id Pemalang (24/07/2023) - Ilmu matematika merupakan ilmu yang sangat digemari oleh anak-anak SD terutama pada materi penjumlahan, perkurangan, perkalian, dan pembagian. Namun, anak-anak SD sering merasa kesulitan dalam menghafal perkalian dan pelajaran matematika cenderung membosankan untuk dipelajari bagi mereka. Maka dibutuhkan cara pembelajaran yang unik dan menarik, sehingga penulis membuat program berupa pembuatan media kartu operasi hitung untuk mempermudah hafalan perkalian bagi anak-anak SD. 

Program Monodisiplin oleh penulis telah dipaparkan di SD Negeri 5 Kendalsari yang berlokasi di Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa kelas 3 dan kelas 4 SD yang berjumlah 40 anak pada hari Senin, 24 Juli 2023. Media kartu operasi hitung yang penulis berikan meliputi perkalian 1 sampai perkalian 10.

Tujuan dari program ini sendiri adalah untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal perkalian 1 sampai perkalian 10 dan sebagai media fun learning matematika yang unik dan menarik. Selanjutnya dijelaskan kepada anak-anak bagaimana cara menghafal perkalian meggunakan kartu operasi hitung yang penulis berikan.

Sesi berikutnya adalah sesi lomba cepat perkalian, dimana pada sesi ini banyak anak-anak yang berlomba dalam menjawab pertanyaan perkalian yang penulis berikan. Sesi lomba ini ditutup dengan pemberian enam hadiah pada tiga anak kelas 3 SD dan tiga anak kelas 4 SD.

Diharapkan dengan adanya program ini, guru dan anak-anak SD di Desa Kendalsari dapat memanfaatkan media kartu operasi hitung dengan efisien, sehingga dapat meningkatkan hafalan perkalian dan produktivitas dalam mempelajari matematika.


Penulis: 
Naila Ilya Nurlin / Fakultas Sains dan Matematika / S1 Matematika

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon