Berantas Stunting dengan Lautan Kaya Nutrisi Melalui Program "ProGIS" di Desa Kendalsari oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023

 


Campusnesia.co.idPemalang (22/07/2023) - Stunting atau gagal tumbuh merupakan masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini terjadi ketika pertumbuhan anak-anak terhambat yang disebabkan oleh kekurangan gizi yang berkelanjutan. Stunting berdampak berbahaya pada anak-anak karena dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti penurunan kognitif, motorik, dan penurunan performa anak. 

Rendahnya kesadaran masyarakat Desa Kendalsari dalam pemenuhan gizi anak menjadi salah satu penyebab stunting yang dialami anak-anak di desa ini. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 13 anak yang mengalami stunting yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, penulis sebagai mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 menyelenggarakan program “ProGIS: Program Penyuluhan Gizi Ikan Laut untuk Pencegahan Stunting” di Desa Kendalsari.

Program “ProGIS: Program Penyuluhan Gizi Ikan Laut untuk Pencegahan Stunting” dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Kelas Balita yang rutin dilakukan setiap bulannya. Pelaksanaan program ini bertempat di Balai Desa Kendalsari yang dihadiri 23 ibu beserta balita. Pelaksanaan program “ProGIS” dimulai dengan mengumpulkan data terkait anak-anak yang mengalami stunting di Desa Kendalsari. 

Langkah selanjutnya adalah melakukan kunjungan ke Pasar Sikuang guna mencari informasi terkait jenis-jenis ikan laut yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar desa. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi, meskipun desa mereka berada di jauh dari pesisir. 

Pelaksanaan program dilakukan dengan pemaparan materi menggunakan powerpoint mengenai kandungan gizi ikan laut yang berperan dalam mencegah stunting dan metode pengolahan ikan laut sebagai menu MPASI. Selain itu, dilakukan pula pemberian 2 buah poster yang berisi manfaat mengonsumsi ikan laut bagi kesehatan dan daftar ikan laut beserta kandungannya. Setelah kegiatan penyuluhan selesai, poster diberikan kepada kader posyandu untuk dibagikan di 6 (enam) dusun. 

Ibu beserta balita, kader posyandu, dan tenaga kesehatan dari puskesmas merespons program ini dengan antusias. Antusiasme yang tinggi terlihat dari para ibu yang responsif dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan sharing mengenai asupan makan anak. Melalui adanya program “ProGIS” diharapkan dapat mencegah stunting, terutama pada balita yang ada di Desa Kendalsari sehingga angka stunting di Desa Kendalsari dapat menurun, anak-anak dapat memperoleh gizi yang cukup, serta dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.



Penulis: Sabrina Naura Saraswati / FPIK-Ilmu Kelautan
DPL: Fajrul Falah, S. Hum., M. Hum.
Lokasi: Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan, KabupateN Pemalang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon