Tutorial Pembuatan Piramida Penduduk Desa Kendalsari oleh Mahasiswa KKN UNDIP

 


Campusnesia.co.idPemalang (28/07/2023) - Baru-baru ini Program Monodisiplin KKN Universitas Diponegoro Tim II oleh penulis telah dipaparkan di Balai Desa Kendalsari. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Siswantoro selaku Kepala Desa Kendalsari pada hari Jumat, 28 Juli 2023.

Program Monodisiplin yang dilaksanakan yaitu pembuatan poster piramida penduduk dan modul tutorial pembuatan piramida penduduk Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Piramida penduduk merupakan sebuah grafik yang menyajikan data penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, dan daerah suatu penduduk.

Melihat dari website Desa Kendalsari yang belum memperbarui data piramida penduduknya, penulis ingin membantu membuatkan piramida penduduk begitu juga modul tutorial pembuatan piramida penduduk untuk Perangkat Desa agar piramida penduduk Desa Kendalsari selalu ter-update pada tahun-tahun berikutnya.

Tujuan dari program ini sendiri adalah terdapat banyaknya informasi yang didapat dari struktur kependudukan sebuah wilayah, misalnya yaitu memudahkan suatu pemerintah daerah untuk menentukan kebijakan dan dapat dijadikan sebagai pedoman penentuan sasaran kegiatan kemasyarakatan di desa.

Manfaat dari piramida penduduk yaitu, dapat mengetahui data dan fakta yang sebenarnya dari komposisi jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu, dapat menentukan arah kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah di dalam kehidupan bermasyarakat, dapat memberikan gambaran secara singkat tentang kondisi kependudukan di suatu wilayah tertentu, dan dapat menjelaskan tentang betapa pentingnya data kependudukan dalam pembangunan ekonomi dan tahap perencanaannya.

Selain itu, dijelaskan pula tentang cara pembuatan piramida penduduk menggunakan Microsoft Excel yang dapat dilihat melalui modul yang penulis berikan kepada Perangkat Desa Kendalsari. Kemudian dilanjutkan penjelasan data piramida penduduk Desa Kendalsari pada tahun 2023 berdasarkan usia, terdapat penduduk berusia 0 – 4 tahun sampai yang berusia 75+ tahun.

Output yang penulis berikan kepada perangkat desa berupa poster berisi data kependudukan dan piramida penduduk Desa Kendalsari pada tahun 2023, data rasio anak perempuan berdasarkan jumlah anak laki-laki dan perempuan usia 0 – 4 tahun dan wanita usia subur (15 – 49 tahun), data rasio jenis kelamin berdasarkan jumlah penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, dan rasio beban tanggungan berdasarkan jumlah penduduk usia 0 – 14 tahun, usia produktif (15 – 64 tahun), dan usia 65+ tahun.



Penulis: 
Naila Ilya Nurlin / Fakultas Sains dan Matematika / S1 Matematika

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon