Contoh Latihan Soal UM Ujian Tulis UTUL UGM Saintek dan Pembahasannya

 



Campusnesia.co.id - Hasil ujian UTBK sudah diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023 kemarin, untuk sobat yang diterima kami ucapkan selamat. Bagi yang belum lolos masuk perguruan tingga negeri impiannya jangan menyerah dan tetap semangat karena masih ada jalur ujian mandiri yang bisa dicoba.

Di setiap kampus punya nama masing-masing untuk jalur mandiri, misalnya undip ada UM Undip, UI ada Simak UI dan di UGM ada UTUL atau Ujian Tulis UGM.

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM) adalah jalur seleksi mandiri masuk Universitas Gajah Mada (UGM) yang menggunakan kombinasi hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan nilai ujian tulis (UTUL).

Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan postingan tentang Contoh Soal UM Ujian Tulis UTUL UGM Saintek dan Pembahasannya semoga bermanfaat.


Contoh Latihan Soal UM UGM – Biologi

Topik: Sistem Organ Tubuh Manusia 

Subtopik: Sistem Pernapasan

1. Alveolus merupakan struktur yang ditemukan pada paru-paru dan berfungsi sebagai tempat pertukaran gas. Pada alveolus ditemukan setidaknya 2 tipe sel yang disebut sebagai pneumosit dengan fungsi dan ciri berbeda tiap tipenya. Fungsi atau ciri yang benar dari sel tersebut adalah ….

a. pneumosit tipe I berfungsi untuk menghasilkan surfaktan
b. pneumosit tipe I berperan dalam regenerasi
c. pneumosit tipe II memiliki jumlah lebih banyak dibandingkan dengan pneumosit tipe I
d. pneumosit tipe II menutupi permukaan lebih banyak dibandingkan pneumosit tipe I
e. pneumosit tipe II memiliki bentuk pipih selapis

Jawaban: C

Pembahasan: 
Alveolus memiliki 2 tipe sel berbeda yaitu pneumosit tipe I dan pneumosit tipe II. Pneumosit tipe I  tersusun atas epitel pipih selapis, sel ini menempati hampir 95% dari luas permukaan alveolus. 

Pneumosit tipe I berperan besar dalam proses difusi gas. Sementara itu, pneumosit tipe II memiliki bentuk kuboid dan berjumlah lebih banyak dari pneumosit tipe I, namun sel tersebut hanya menempati sekitar 5% dari permukaan alveoli karena ukurannya lebih kecil. 

Pneumosit tipe II berfungsi untuk menghasilkan surfaktan yang berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan sehingga pernapasan normal dapat terus berlangsung. Selain itu, pneumosit tipe II juga berperan aktif dalam menggantikan sel-sel yang rusak. 

Hal ini dapat dilakukan karena pneumosit tipe II memiliki kemampuan membelah dan berdiferensiasi bahkan menjadi pneumosit tipe I. Berdasarkan informasi, maka fungsi atau ciri yang benar dari sel tersebut adalah pneumosit tipe II memiliki jumlah lebih banyak.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C. 


Topik: Metabolisme Sel

Subtopik: Anabolisme

2. Salah satu gas rumah kaca adalah CO. Tingginya kadar CO dapat menyebabkan efek rumah kaca. Jenis tanaman yang paling diuntungkan dengan adanya peristiwa tersebut adalah ….

a. C3 saja
b. C4 saja
c. CAM saja
d. C3 dan C4
e. C4 dan CAM

Jawaban: A

Pembahasan: 
Tanaman C3 akan mengalami fotorespirasi ketika jumlah oksigen lebih banyak daripada karbon dioksida. 

Efek rumah kaca merupakan peristiwa peningkatan karbon dioksida atmosfer, sehingga hal ini akan menguntungkan tanaman C3 karena karbon dioksida akan menang jika berkompetisi dengan oksigen, dengan demikian fotorespirasi yang merugikan tidak akan terjadi. 

Sedangkan C4 dan CAM memiliki mekanisme untuk mencegah terjadinya fotorespirasi. Tanaman C4 memiliki struktur mesofil yang dapat mencegah oksigen berikatan dengan RuBP dan tanaman CAM membuka stomatanya pada malam hari sedangkan fotorespirasi membutuhkan cahaya matahari.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.


Topik: Bioteknologi

Subtopik: Bioteknologi Modern

3. Rekayasa genetika adalah bagian dari bioteknologi yang bertujuan untuk manipulasi DNA secara manual dengan cara mengubah karakteristik suatu organisme. Teknik manipulasi DNA dalam rekayasa genetika melibatkan beberapa komponen. Berikut ini komponen yang tidak terlibat dalam proses rekayasa genetika adalah ….

a. enzim restriksi
b. DNA ligase
c. DNA rekombinan
d. peptidoglikan
e. plasmid

Jawaban: D

Pembahasan: 

Rekayasa genetika adalah bagian dari bioteknologi yang bertujuan untuk manipulasi DNA secara manual dengan cara mengubah karakteristik suatu organisme. 

Rekayasa genetika dilakukan dengan cara mengubah susunan genetik dari sel, dengan menghapus dan menambah DNA atau gen untuk meningkatkan kualitas organisme dan melampaui limitasinya. 

DNA atau gen yang ditambahkan merupakan hasil dari pengambilan DNA organisme lain yang unggul lalu menggabungkannya ke DNA organisme penerima, sehingga menambah sifat baru yang sebelumnya tidak terdapat pada organisme penerima. Teknik manipulasi DNA dalam rekayasa genetika melibatkan beberapa komponen.

Berikut merupakan daftar komponen dan peranannya yang terlibat dalam proses rekayasa genetika :

Enzim restriksi berperan untuk memotong ikatan fosfodiester pada genom DNA sehingga menjadi fragmen.

DNA ligase adalah enzim yang diperlukan untuk menyambung fragmen DNA.
DNA rekombinan adalah DNA plasmid dan DNA genom yang sudah digabungkan.
Plasmid adalah DNA sirkuler yang dimiliki bakteri, dalam rekayasa genetika berperan sebagai vektor untuk mentransfer DNA ke dalam organisme lain.

Sedangkan peptidoglikan adalah komponen utama dinding sel bakteri dan tidak terlibat dalam proses rekayasa genetika. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon