Pentingnya Manajemen Logistik, Mahasiswa KKN Undip Beri Penyuluhan Good Storage dan Raw Material Procurement Management

 


Campusnesia.co.idKamis 26 Januari 2023, telah dilaksanakan kegiatan program kerja penyuluhan penyimpanan barang logistik yang baik (Good Storage) dengan sistem FIFO, FEFO, LIFO dan manajemen pengadaan bahan baku di toko atau kelontong dan pemilik usaha UMKM oleh Monita, mahasiswa KKN Undip Tim 1 periode 2022/2023 di Desa Kupu Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal.
 
Perkembangan dunia usaha bisnis yang terus meningkat memberikan ketertarikan tersendiri bagi masyarakat. Sehingga membuat mereka mulai tertarik untuk berbisnis dengan skala besar ataupun kecil, seperti usaha kelontong, usaha catering, dan lainnya. 

Namun pengetahuan dan wawasan pelaku usaha dalam hal manajemen logistik masih terbilang terbatas, padahal manajemen logistik cukup berpengaruh dalam pelaksanaan bisnis yang dijalankan. 

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan Good Storage dilakukan oleh Monita dengan memberikan penjelasan materi melalui metode power point dan juga brosur. Setelah itu diakhir penyuluhan Monita menempelkan guideline  yang  berisi mengenai penyimpanan yang baik dengan FIFO, FEFO, LIFO di setiap toko kelontong yang di datangi. 


Kegiatan Manajemen Pengadaan (procurement management) dilakukan Monita di UMKM bisnis Catering dengan memberikan materi penyuluhan melalui powert point dan juga leaflet yag berisi mengenai sistem manajemen pengadaan bahan baku. 
 
Selama pelaksanaan kegiatan penyuluhan di toko atau kelontong serta UMKM di Desa Kupu, para pelaku atau pemilik usaha menunjukkan respon yang cukup positif dimana terlihat sangat memperhatikan dengan baik dalam memperhatikan penjelasan yang diberikan. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar pemilik usaha toko atau kelontong serta UMKM di Desa Kupu memiliki tambahan wawasan mengenai Manajemen Logistik dalam hal penyimpanan serta pengadaan bahan baku yang baik. Sehingga dapat terhindar dari kerugian dan tercapai tujuan yag diharapkan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon