Mendukung Digitalisasi Pemetaan Desa, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Webgis Desa Bakungan

 


Campusnesia.co.id -  Mahasiswa Tim 1 KKN Universitas Diponegoro, Adiathariq Dantrizky yang berlokasi KKN di Desa Bakungan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten melaksanakan salah satu program kerja monodisiplin atau program kerja keilmuan yakni digitalisasi pemetaan desa melalui pembuatan WebGIS Desa Bakungan dengan tujuan membantu perangkat desa dalam melakukan pemetaan dan mendapatkan informasi wilayah secara digital.

Informasi pemetaan di Desa Bakungan dinilai masih kurang dalam membantu perangkat desa dalam mendata rumah penduduk, memetakan batas wilayah, dan menyediakan informasi terkait sarana prasarana umum sehingga dibutuhkan suatu wadah yang dapat menampung sistem informasi geografis desa melalui suatu platform yang dapat diakses baik oleh masyarakat maupun perangkat desa. 

Sebagai langkah dalam menghadapi kondisi tersebut, dibuatlah WebGIS (Web Geographic Information Systems) Desa Bakungan yang mewadahi segala informasi pemetaan melalui website yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Selain menjadi wadah dalam menyediakan informasi pemetaan, WebGIS Desa Bakungan diharapkan juga dapat menjadi branding desa yang mana Desa Bakungan dapat mengenalkan potensi desanya melalui WebGIS Desa Bakungan. 


Adapun informasi pemetaan yang tersedia pada WebGIS Desa Bakungan yakni:
1. Batas Desa
2. Batas Dukuh
3. Batas RW
4. Batas RT
5. Jaringan Jalan
6. Jaringan Sungai
7. Sarana Kesehatan
8. Sarana Peribadatan
9. Sarana Pemerintahan
10. Sarana Peribadatan
11. Sarana Perdagangan dan Jasa

Pelaksanaan program diawali dengan survei ke seluruh wilayah Desa Bakungan sebagai upaya dalam mengumpulkan data-data penting untuk dimasukkan ke dalam WebGIS Desa Bakungan seperti batas administrasi wilayah, sarana dan prasarana umum, potensi wilayah, dan lain sebagainya. 

Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah di aplikasi ArcGIS. Data yang sudah diolah kemudian akan diinput pada WebGIS yang dibuat melalui Circlegeo. Program ini dilaksanakan selama dua minggu yang diakhiri pada tanggal 6 Februari 2023 dengan penyerahan WebGIS Desa Bakungan secara simbolis kepada perangkat desa. WebGIS Desa Bakungan dapat diakses melalui link desabakungan-karangdowo.gis.co.id.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon