Mahasiswa KKN Undip Buat Ruang Belajar Terbuka Untuk Tumbuhkan Minat Literasi



Campusnesia.co.id - Pebatan, Brebes (04/02/2023) Hari terakhir membimbing siswa-siswi SDN 03 dan 02 Pebatan menuju ruang Perpustakaan Balai Desa yang sudah dipugar dan dibersihkan oleh mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro di Desa Pebatan. Pemugaran dan pembersihan Perpustakaan Balai Desa ini dilakukan selaras dengan diberlakukannya program RBT yang dilaksanakan selama 4 minggu di kedua sekolah dasar tersebut.

Program Kerja Multidisiplin ini disusun dan dilaksanakan atas dasar keprihatinan terhadap kondisi ruang perpustakaan di Balai Desa Pebatan yang sudah terbengkalai. Covid-19 membuat anggaran dan fokus desa terhadap keselamatan dan kesehatan warga dalam proses mencegah serta menetralisir pandemi Covid-19 di Pebatan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro di Pebatan merancang program yang bertujuan untuk merehabilitasi dan membuat ruang Perpustakaan Balai Desa menjadi ruangan layak baca kembali.

Desa Pebatan dikenal sebagai desa yang memiliki potensi ekonomi berupa sayur-sayuran berupa bawang merah serta industri rumahan tutus dan harum manis. Pebatan sendiri juga memiliki beberapa usaha ekonomi telur asin yang dijajakan di pinggir jalan Pantura. Desa Pebatan juga memiliki 4 sekolah dasar, yaitu MI Asyuriyah, SDN 01 Pebatan, SDN 02 Pebatan, dan SDN 03 Pebatan.


Dari studi kasus yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Desa Pebatan di SDN 02
dan 03 Pebatan bahwa minat membaca anak sekolah dasar kelas 1, 2 dan 5 cukup tinggi tetapi akses mereka terhadap kebutuhan literatur masih terbatas. Oleh karena itu, kebutuhan akan adanya Perpustakaan Balai Desa yang nyaman dan ramah menjadi salah satu program utama multidisiplin yang dijalankan oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Desa Pebatan.

Program dilaksanakan mulai dari tanggal 13 Januari 2023 hingga 4 Februari 2023 dimulai dari
pengenalan program kepada guru-guru sekolah SDN 02 dan 03 Pebatan. Kemudian, dilakukan pemugaran ruang perpustakaan di Balai Desa pada tanggal 14 hingga 16 Januari 2023. Program ini juga dilancarkan dengan melaksanakan kegiatan membaca di pagi hari selama 2 minggu di SDN 02 dan 03 Pebatan yang berjalan dengan lancar serta mendapatkan antusiasme yang tinggi dari anak-anak kelas 5 SDN 02 dan 03 Pebatan.

Dua minggu terakhir pelaksanaan program, Tim 1 KKN UNDIP Desa Pebatan mengajak anak murid kelas 5 SDN 02 dan 03 Pebatan menuju ke Perpustakaan Balai Desa yang sudah direhabilitasi dan dipugar. Keinginan siswa-siswi kelas 5 SD untuk membaca sangat tinggi dan mereka tertarik untuk membaca buku-buku yang sudah disusun serta layak dibaca. Beberapa murid yang belum terlalu lancar membaca juga dipandu oleh mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Desa Pebatan.

Kemudian, pada tanggal 4 Februari 2023 mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Desa Pebatan memberikan laporan terakhir kepada PKK Desa Pebatan terkait pemugaran ruang perpustakaan di Balai Desa dan mendapatkan umpan balik yang positif. Harapannya adalah Perpustakaan Balai Desa ini mampu dimaksimalkan penggunaannya untuk menjaga minat baca dan tingkat literasi Masyarakat Pebatan tinggi.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon