Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Lakukan Pemetaan Melalui Pembuatan Peta Sebaran Sarana Umum


Campusnesia.co.id - Klaten (06/02/2023). Desa Bakungan merupakan salah satu desa dari 19 desa yang ada di Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten yang memiliki luas wilayah sebesar 142,60 Hektar dengan berbagai jenis kegiatan aatau aktivitas masyarakat yang ada. Dalam rangka mendukung memudahkan kegiatan atau aktivitas masyarakat Desa Bakungan, maka perlu adanya kelengkapan sarana, terutama sarana pelayanan umum.

Sarana umum menjadi faktor penunjang dalam menjalankan berbagai kegiatan atau aktivitas warga setempat. Terdapat berbagai manfaat atau fungsi dari sarana pelayanan umum diantaranya yaitu:

- Sebagai sarana atau tempat untuk mendapatkan pendidikan
- Sebagai tempat untuk menjalankan ibadah
- Sebagai sarana kesehatan masyarakat
- Mendukung trasnsaksi jual beli
- Menyediakan berbagai jasa yang dibutuhkan
- Memudahkan aktivitas sehari-hari

Dalam memudahkan aktivitas masyarakat dan kemudahan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat terkait persebaran sarana yang ada di Desa Bakungan, maka Tim 1 KKN Undip membuat “Peta Persebaran Sarana Pelayanan Umum Desa Bakungan”.


Peta Sebaran Sarana Pelayanan Umum Desa Bakungan berisi informasi mengenai persebaran lokasi atau letak sarana umum yang ada di Desa Bakungan. Di mana pada Desa Bakungan terdapat 5 jenis sarana umum, meliputi Sarana Kesehatan (Praktik Bidan dan Praktik Dokter), Sarana Pemerintahan (Kantor Desa), Sarana Pendidikan (PAUD, TK, dan SD), Sarana Perdagangan dan Jasa (Jasa, Toko/Warung, dan Warung Makan&Minum), serta Sarana Peribadatan (Masjid dan Musholla).

Pembuatan peta dilakukan dengan melakukan survei lapangan menggunakan aplikasi Avenza
Map terlebih dahulu untuk mendapatkan data titik sebaran lokasi. Kemudian dari data tersebut dilakukan pengolahan data serta proses layouting peta menggunakan software ArcGIS, sehingga dapat menghasilkan informasi yang lebih informatif serta mudah dipahami dalam bentuk peta
cetak.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon