Sinopsis dan Review Mencuri Raden Saleh, Film Tema Heist yang Tak Bisa Dianggap Remeh



Campusnesia.co.id - Angga Dwimas Sasongko kembali hadir ke layar lebar dengan film baru berjudul Mencuri Raden Saleh setelah sebelumnya membuat spin off Filosofi Kopi Ben & Jody.

Mencuri Raden Saleh adalah sebuah film drama aksi perampokan Indonesia tahun 2022 yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko.

Film yang ditayangkan di bioskop Indonesia pada 25 Agustus 2022 ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Umay Shahab, Aghniny Haque, dan Ari Irham.

Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara mengungkapkan bahwa proyek film ini berawal dari obrolan bersama Haye saat berada di Yogyakarta pada tahun 2018 silam. Dari obrolan tersebut, terciptalah ide untuk membuat film Mencuri Raden Saleh.

Film ini pertama kali diumumkan dalam acara konferensi pers virtual yang diadakan pada 18 November 2019. Angga Dwimas Sasongko selaku direktur utama Visinema Pictures mengumumkan lima film yang akan digarap oleh rumah produksinya itu. Salah satu di antaranya adalah film Mencuri Raden Saleh.

Pada 12 Mei 2021, film Mencuri Raden Saleh dikabarkan akan memulai proses produksi dengan melibatkan Cristian Imanuell sebagai produser, Husein M. Atmodjo sebagai ko-penulis, dan Bagoes Tresna Aji sebagai sinematografer.

Pada 17 Mei 2021, akun Instagram resmi film ini mengunggah karakter dari seluruh pemeran utama. Setiap pemeran direpresentasikan sebagai seorang pencuri dengan nama julukannya masing-masing. 

Iqbaal Ramadhan adalah sosok "The Forger", Angga Yunanda menjadi "The Hacker", Rachel Amanda menjadi "The Negotiator", Aghniny Haque menjadi "The Brute", Umay Shahab menjadi "The Handyman", dan Ari Irham menjadi "The Driver". 

Enam pemeran ini diceritakan memiliki kemampuan tersendiri dan akan bekerja sama untuk mencapai misinya tersebut. Angga menyebutkan bahwa akan menarik untuk melihat keenam pemeran utama tersebut berada dalam satu adegan.

Proses pengambilan gambar dimulai pada 23 Oktober hingga 27 November 2021 di Jakarta, Surabaya, dan Malang.

Materi promosi untuk film ini diunggah dalam bentuk video di akun Instagram Mencuri Raden Saleh pada 20 Oktober 2021. Trailer resmi pertama dan poster pertama diunggah pada 29 Juni 2022.

Pada 22 Agustus 2022, platform streaming Bioskop Online merilis film dokumenter BLUEPRINT: The Making of Mencuri Raden Saleh karya Bobby Zarkasih. Film dokumenter tersebut menampilkan proses pembuatan film yang berada di balik layar.



Sinopsis Film Mencuri Raden Saleh 2022
Sekelompok mahasiswa, Piko "The Forger" (Iqbaal Ramadhan), Ucup "The Hacker" (Angga Yunanda), Fella "The Negotiator" (Rachel Amanda Aurora), Gofar "The Handyman" (Umay Shahab), Sarah "The Brute" (Aghniny Haque), dan Tuktuk "The Driver" (Ari Irham) berencana untuk mencuri lukisan bersejarah. 

Lukisan tersebut adalah Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh, yang berada di Istana Presiden dan tak ternilai harganya. Masing-masing memiliki peran dan tugas yang berbeda dalam menjalankan rencana pencurian ini.

Aksi pencurian ini tentunya tidak akan berjalan mudah. Apalagi, lukisan itu disimpan di Istana Presiden yang tentunya memiliki sistem keamanan superketat.



Pemeran Film Mencuri Raden Saleh 2022
Iqbaal Ramadhan sebagai Piko the Forger

Angga Yunanda sebagai Ucup the Hacker

Aghniny Haque sebagai Sarah the Brute

Rachel Amanda sebagai Fella the Negotiator

Umay Shahab sebagai Gofar the Handyman

Ari Irham sebagai Tuktuk the Driver

Tyo Pakusadewo sebagai Permadi

Dwi Sasono sebagai Budiman

Atiqah Hasiholan sebagai Dini

Ganindra Bimo sebagai Arman

Andrea Dian sebagai Sita

Muhammad Khan sebagai Rama

Reza Hilman sebagai Reza

Joshua D Pandelaki sebagai Marwan

Ratna Karya Riantiarno sebagai Nenek Sarah

Jenny Zhang sebagai Ibu Fella

Tegar Satrya sebagai Gito

Frangky Lucas Manuhutu sebagai Doni

Naura Khollilah Hakim sebagai Vicky


Poster Film Mencuri Raden Saleh 2022



Trailer Film Mencuri Raden Saleh 2022




Review Film Mencuri Raden Saleh 2022
Coming soon


Skor IMDb: 8,5/10

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon