Review Sabar Ini Ujian, Film Time Looping Pertama Indonesia



Campusnesia.co.id - Hari ini saya memutuskan mencoba langgan selama sebulan aplikasi Disney+ Hotstar dengan tarif Rp 20.000,- dapat 33 GB kuota makxtream. Film pertama yang saya tonton berjudul Sabar Ini Ujian yang disutradari oleh Anggi Umbara, iya sutradara yang naik daun karena film Comic 8 dan Warkop DKI Reborn. Jujur dari pada Warkop DKI reborn yang ke 3 ini jauh lebih baik dari sisi konsep, cerita dan komedi.

Membawa embel-embel sebagai film indonesia pertama dengan konsep Time Looping membuat saya penasaran, bagaimana Anggi Umbara mengemasnya dengan balutan kisah seorang jomblo yang harus datang ke nikahan mantanya. 

Ngomongin film bertema Time Looping memang tidak banyak sebagai contoh Edge of Tomorrow film yang dibintangi oleh Tom Cruise rilis tahun 2014 silam. Jika Sabar ini Ujian mengambil tema drama romance, Edge of Tomorrow berlatar masa depan ketika manusia berperang melawan alien.

Jajaran Bintang
Tak tanggung-tanggung, Sabar Ini Ujian membawa nama-nama besar aktor dan aktris papan atas indonesia, sebut saja Vino G. Bastian yang berperan sebagai Sabar, Dwi Sasono sebagai Fido Widyawati sebagai Ibu Sabar, Adi Kurdi sebagai Bapak Sabar, Masayu Anastasia sebagai RatnaLuna Maya sebagai Tiffany, Omesh sebagai Billy, Estelle Linden sebagai Astrid, Susilo Badar sebagai tunawisma, Anya Geraldine sebagai Sherly. 

Sejumlah standup comedian juga turut serta seperti Rigen Rakelna sebagai Yoga, Ananta Rispo sebagai Aldi, Arief Brata sebagai Ilham, Arief Didu sebagai penghulu, David Nurbianto sebagai pegawai minimarket, Neneng Wulandari sebagai Neneng/pelayan cafeMike Ethan sebagai Dimas, Ence Bagus sebagai Office Boy.

Tak mau kalah sang sutradara juga tampil sebagai cameo Anggy Umbara sebagai Jefri/pacar Sherly.

Sinopsis
Sabar (Vino G Bastian) seorang jomblo yang belum move on merasa harinya tidak beres saat haruis menghadiri pernikahan mantan pacarnya. Setelah hari yang berat tidur, ketika bangun ia merasa Dejavu, benar saja ternyata ia mengalami kejadian seperti hari sebelumnya alias waktu berulang terus. Gitu aja terus hingga ia penasaran apa yang salah dengan dirinya.

Sabar Ini Ujian merupakan film yang pertama kali menggunakan konsep time loop atau pengulangan waktu. Anggy menganggap film Indonesia harus membuat film dengan tema tersebut supaya tidak tertinggal dengan industri film hollywood. Manoj Punjabi selaku produser mengaku awalnya ragu ketika datang konsep ini dari Anggy Umbara. Butuh waktu berbulan-bulan sebelum akhirnya ia mengiyakan untuk ditulis skenarionya hingga memulai proses produksi.

Proses produksi dimulai pada 19 Februari 2019. Syuting film ini membuat kru dan aktor merasakan kelelahan. Pasalnya mereka harus syuting di tempat yang sama berulang-ulang dan harus tetap menjaga emosinya.

Review
Secara ide sangat menarik ya, alasan anggy umbara membuat film ini juga masuk akal, pilihan tema drama romance dengan bumbu komedia juga bukan hal yang salah, mengingat tema time looping akan sangat berat jika digambarkan dengan tema murni science fiction. 

Sayang penyebab Sabar mengalami time looping terlalu sederhana dan lebih ke mitos yaitu disebabkan oleh kutukan sang pengemis yang misterius. Walau secara pesan moral yang disampaikan cukup bagus untuk sebuah film drama komedi.

Jika dibanding dengan film Edge of Tomorrow yang punya konsep yang sama, sebab tom cruise mengalami time looping adalah karena kecipratan darah alien pengulang waktu.

Trailer


Pesan Moral
Setidaknya ada 4 pesan moral yang bisa saya ambil dari film Sabar Ini Ujian.

1. Move On, jika kamu belum pernah mengalami datang ke nikahan orang yang pernah bertahta dalam hatimu entah itu mantan atau secret admirer kamu pasti tidak relate dengan ujian yang harus tokoh sabar jalani. Guess, datang ke nikahan orang yang pernah kamu cintai itu beratt serius, apalagi jika kamu masih belum berpasangan alias joimblo dan masih ada secercah rasa di hatimu. Film ini mengajarkan untuk move one dan ikhlaskan. Cinta tak harus memiliki, jika akhirnya kamu tidak bertemu di pelaminan, artinya dia bukan jodohmu.

2. Berbuat baik, sepanjang film banyak dimention tentang banyaklah bernuat baik seperti sedekah. Yup sedekah banyak disebut sebagai penolak balak. Jadi yuk sedekah.

3. Sabar menyempatkan diri menemui ibunya, bertanya tentang kebahagiaan ibunya. Pelajaran bagus yang bisa kita petik dari film ini, berbhakti pada ibu itu wajib.

4. Menerima Kenyataan, ada scene di mana akhirnya menemui bapaknya yang selama ini dia tahu meninggalkannya sejak kecil. Ternyata tindakan sang bapak bukan tanpa alasan, setelah peristiwa time looping tersebut hal yang kemudian dipetik oleh sabar adalah tahu kejadian yang sebenarnya dan memaafkan sikap bapaknya di masa lalu.

Easter Egg
Hal baru dan fresh dalam film Sabar ini ujian adalah easter egg yang ditampilkan sepanjang film oleh anggy umbara. Kita mahfum bahwa Vigo B Bastian adalah artis papan atas indonesia dengan sederet film epik yang pernah dibintanginya dan ada beberapa film yang disutradari oleh anggi juga, apa saja easter egg dalam film Sabar ini Ujian? ini daftarnya.

1. Chips, easter egg dari penggalan adegan Warkop DKI reborn, di mana Vino berperan sebagai Kasino yang menjadi petugas keamanan Chips.

2. Chrisye, easter egg dari film biografi Chrisye yang juga diperankan oleh Vino

3. Wiro Sableng, masih dari adegan saat ngobrol dengan Dwi Sasono sabar mengenakan kostum lengjkap dengan kapak 212 merupakan ester egg dari film Wiro Sableng tahun 2018 yang diperankan oleh Vino.

4. Tampan Tailor, scene sabar mencoba bunuh diri dengan menabrakan diri ke kereta api, easter egg dari film Tanpan Tailor 2013 dimana vino yang berperan sebagai Topan yang sempat berprofesi sebagai calo tiket kereta.

5. Suzanna, adegan sabar meneukan Tiffany menangis di kamar mandi, ia berujar Tiffany mirip Suzanna ester egg dari film beranak dalam kubur yang diperankan oleh Luna Maya.

Oke, itu tadi sobat campusnesia Review Sabar Ini Ujian, Film Time Looping Pertama Indonesia rekomended ditonton bareng keluarga dengan langganan Disney+ Hotstar. Caranya? ini review dan tata cara nonton Disney+ Hotstar.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »