Loading...

Berkaca dari Drakor Snowdrop, Yuk Intip Film yang Bertemakan Perlawanan terhadap Pemerintah Lainnya

 


Campusnesia.co.id - Drama Korea “Snowdrop” yang bergenre romantis ini sempat diterpa kontroversi dan terancam gagal tayang. Hal ini dikarenakan film ini mengangkat kekejaman zaman rezim Korea kala itu. Meskipun begitu, film ini akhirnya berhasil ditayangkan perdana pada 18 Desember 2021 lalu. 

Selain “Snowdrop”, masih banyak film yang bertema perlawanan terhadap kekejaman lainnya dari berbagai negara. Berikut ini daftar film lainnya.


1. Film Bumi Manusia (2019) 
Sumber: instagram.com/falconpictures_

Film yang sempat booming di kalangan masyarakat Indonesia ini menggambarkan perjuangan seorang pemuda Jawa bernama dan Ibunya dalam melawan kolonialisme Belanda kala itu. 

Film ini karya Hanung Bramantyo ini juga dibintangi oleh aktor muda seperti Iqbal Ramadhan hingga aktor senior Ayu Laksmi. Film ini wajib banget ditonton bagi kalian yang menyukai sejarah perlawanan masyarakat pribumi. 



2. Film The Battleship Island (2017) 
Sumber: instagram.com/@officialtrans7

Dibintangi oleh aktor ternama, Song Joong Ki, film ini sukses dengan keras hingga memecahkan rekor penonton terbanyak. Film yang bergenre laga ini mengangkat kisah 400 tahanan Korea yang  menjalani kerja paksa di pulau kecil bernama Hashima. 

Setelah rahasia kelam pulau ini terungkap, para tahanan Korea ini berusaha melarikan diri dari pulau tersebut dengan dramatis. Mampukah mereka keluar dari pulau ini dengan selama? buat kalian yang penasaran langsung aja tonton filmnya. 



3. Film Che Guevara (2008)
Sumber: alamy.com/A.F. Archive

Tidak kalah menarik, Film “Che Guevara” ini mengambil latar perlawanan masyarakat Bolivia dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Film yang sempat ditayangkan di Bentara Budaya Jakarta dan Yogyakarta ini menceritakan perjalanan tokoh pejuang Amerika Latin dan Kuba Ernesto, `Che` Guevara ketika memperjuangkan revolusi revolusi Kuba untuk menumbangkan rezim Batista pada 1950



4. Film Snowpiercer (2013)
Sumber: kincir.com

Film ini mengisahkan sebuah percobaan iklim gagal, yang mengakibatkan kemusnahan semua manusia, kecuali mereka yang berada di dalam kereta besar Snowpiercer. Bertahun-tahun kemudian, kereta ini mengalami kekurangan sumber daya yang memicu kesenjangan antara gerbong belakang dan gerbong depan. 

Hal ini menciptakan konflik bahkan kematian. Alasan tersembunyi yang tidak diduga-duga menjadikan film ini sangat menarik untuk ditonton.



5. Film GIE (2008)
Sumber: miles film

Karya anak bangsa lainnya adalah GIE yang menceritakan perlawanan mahasiswa dalam memberantas para koruptor negeri ini yang telah menguras harta rakyat untuk kesenangan pribadi. 

Film yang diangkat dari kisah nyata ini fokus pada sosok Soe Hok Gie, seorang aktivis mahasiswa dari Universitas Indonesia yang dibintangi oleh artis terkenal Nicholas Saputra. 

Film ini cocok untuk kalian para mahasiswa ataupun calon mahasiswa dalam membakar semangat para calon muda mudi bangsa agar mampu menjadi pemimpin yang amanah dan tidak takut melawan ketidakadilan.



6. Film V for Vendetta (2006)
Sumber: theplaylist

Film yang mendapat rating 8.2 dari IMDb ini menceritakan perlawanan V, mantan tawanan sekaligus orang yang pernah menjadi kelinci percobaan rezim tirani dalam menumbahkan rezim tersebut. 

Ia dan Evey, memiliki cara-cara cerdas dalam menjatuhkan rezim tersebut. Film yang berlatar belakang negara Inggris ini bahkan berhasil menyabet 7 penghargaan.


Itu dia, list film yang bisa kalian tonton buat nemenin waktu senggang kalian. Langsung aja tonton filmnya yaa guys buat ngasih kalian insight tentang perjuangan terhadap ketidakadilan yang terjadi , karena seperti kata mbak Najwa, “usia terlalu ringkas untuk dilakukan tanpa melakukan perubahan.” So, this is your time, guys.



Penulis
Imanuela Rehngenana
Mahasiswa Jurusan Manajemen 
Universitas Pendidikan Indonesia

Sumber gambar: www.soompi.com 


====
Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys