Profile Grup Band Coldplay, Personil dan Daftar Album Lagu Populer Viva La Vida

 


Campusnesia.co.id -  Minggu 09 April 2023, judul lagu Viva La Vida dari grup band musik dari Inggris Coldplay trending di sosial media Twitter, penyebabnya rumor mereka akan ke Indonesia untuk menggelar konser dalam rangkaian tur dunia Coldplay Music of the Spheres World Tour UK/Europe 2023 yang bakal dihelat pada bulan Mei, Juni dan Juli nanti.

Akun instagram grup band Coldplay @coldplay diserbu oleh netizen Indonesia yang berharap band kesayangan mereka mampir ke Indonesia dan menggelar konser di GBK.

Selain lagu Viva la Vida dan The Scientist jujur tidak banyak yang saya tahu, oleh karena itu lewat postingan kali ini yuk kita kenal lebih dekat dengan Grup Band Coldplay, Personil dan Daftar Lagunya.

Coldplay adalah grup musik rock yang dibentuk di London, Britania Raya, pada tahun 1996. Grup musik ini terdiri dari Chris Martin sebagai vokalis utama, Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman sebagai bassis, dan Will Champion sebagai drummer.

Coldplay menjadi terkenal dengan dirilisnya singel "Dont panic" pada tahun 2000 dan dilanjuti oleh album debut mereka yang dirilis pada tahun yang sama, Parachutes, yang masuk ke nominasi Mercury Prize. Album ke-2 mereka, A Rush of Blood to the Head (2002), memenangi beberapa penghargaan, termasuk Album of the Year dari NME. Sementara, singel Clocks dari album ini memenangi penghargaan Record of the Year di Grammy Award ke-46. 

Album selanjutnya, X&Y menjadi album terlaris di dunia pada tahun 2005. Album ke-4 mereka, Viva la Vida or Death and All His Friends (2008), diproduksi oleh Brian Eno dan mendapat tanggapn positif, memenangi beberapa nominasi Grammy Award dan menang pada Grammy Award ke-51. 

Pada tahun 2011, mereka merilis album ke-5 mereka, Mylo Xyloto, yang mendapat tanggapan positif yang beragam, memuncaki tangga album di 34 negara, dan merupakan album rock terlaris di Britania Raya tahun 2011. 

Pada Maret 2014, mereka mengumumkan album ke-6 mereka yang berjudul Ghost Stories dirilis pada 19 Mei 2014. Kemudian pada tahun selanjutnya, Coldplay kembali merilis album "A Head Full of Dreams" pada 4 Desember 2015. 

4 tahun kemudian, tepatnya pada 22 November 2019, Coldplay merilis album berjudul "Everyday Life". 2 tahun berselang setelah melakukan rekaman saat lockdown dikarenakan Pandemi Covid-19, Coldplay kembali merilis album baru mereka yaitu "Music Of The Spheres".


Gaya musik Coldplay
Gaya rock alternatif Coldplay telah dibandingkan dengan Radiohead dan Oasis. Chris Martin pernah memprokalamasikan musik band ini sebagai "limestone rock" dibandingkan dengan "hard rock".

Dalam Music Of The Spheres, gaya grup ini bergerak ke arah musik luar angkasa, dan bereksperimen ke berbagai genre dengan suasana luar angkasa seperti space rock, ambient, dan synth-pop.



Personil Coldplay
Chris Martin - vokalis utama, piano/kibor, gitar
Jonny Buckland - gitaris utama, harmonika, vokal latar
Guy Berryman - bassis, penyintesis, harmonika, vokal latar
Will Champion - drum/perkusi, piano, vokal latar


Daftar album Coldplay


1. Parachutes (2000)
Parachutes adalah album debut band rock alternatif Britania Raya Coldplay, yang dirilis oleh label rekaman Parlophone pada 10 Juli 2000 di Britania Raya. Album ini diproduksi oleh band ini dan produser rekamanan Britania Raya Ken Nelson, kecuali satu trek yang diproduksi oleh Chris Allison. Parachutes memiliki beberapa singel hits yaitu "Shiver", "Yellow", "Trouble", and "Don't Panic".

Album ini secara umum sukses secara komersial, dan diterima dengan ulasan positif. Saat rilis, album ini dengan cepat mencapai nomor 1 di Britania Raya, dan telah disertifikasi dengan 7x platinum. 

Di Amerika Serikat, album ini berpuncak di nomor 51 di Billboard 200, dan telah disertifikasi dengan 2x platinum. Album ini telah memenangkan Penghargaan Grammy untuk Album Musik Alternatif Terbaik pada tahun 2002, dan telah membuat band ini menerima beberapa penghargaan sejak perilisannya. 

Parachutes berada di nomor 12 di daftar 20 album terlaris pada abad ke-21 di Britania Raya, dan telah memenangkan penghargaan Album Britania Raya Terbaik pada BRIT Awards tahun 2001. Per 2011, album ini telah terjual sekitar 8,5 juta kopi.

Daftar lagu dalam album ini Don't Panic, Shiver, Spies, Sparks, Yellow, Trouble, Parachutes, High Speed, We Never Change, Everything's Not Lost, Life Is for Living.



2. A Rush of Blood to the Head (2002)
A Rush of Blood to the Head adalah album kedua grup musik Inggris Coldplay, yang dirilis pada tahun 2002 dan masuk daftar 500 album terbaik versi majalah Rolling Stone pada peringkat ke-473. Album ini memiliki single In My Place, The Scientist, Clocks, dan God Put A Smile Upon Your Face.

Rekaman album ini dimulai setelah grup musik Coldplay menjadi populer di seluruh dunia dengan album pertama mereka Parachutes (2000), dan salah satu singel mereka yang menjadi terkenal, "Yellow".


3. X&Y (2005)
'X&Y' adalah album studio ketiga oleh band rock Inggris Coldplay. Ini dirilis pada 6 Juni 2005 oleh Parlophone di Britania Raya, dan sehari kemudian oleh Capitol Records di Amerika Serikat. Album ini diproduseri oleh Coldplay dan produser Danton Supple. 

Hal ini terkenal karena perkembangannya yang bermasalah dan mendesak, dengan produser Ken Nelson yang awalnya ditugaskan untuk memproduksi sebagian besar album; namun, banyak lagu yang ditulis selama sesinya dibuang karena ketidakpuasan band terhadapnya. Seni sampul album adalah kombinasi warna dan balok, yang merupakan representasi dari kode Baudot.

Album ini berisi dua belas lagu dan satu lagu tersembunyi tambahan, "Til Kingdom Come". Ini dihilangkan dari daftar lagu di sampul album, tetapi terdaftar sebagai "+" pada label disk dan di dalam buklet album. 

Awalnya direncanakan untuk bintang country Amerika Johnny Cash untuk merekamnya dengan penyanyi utama Chris Martin, tapi Cash meninggal sebelum dia mampu melakukannya.

Daftar lagu dalam album ini diantaranya ada Square One, What If, White Shadows, Fix You, Talk, X&Y, Speed of Sound, A Message, Low, The Hardest Part, Swallowed in the Sea,  Twisted Logic, Til Kingdom Come.



4. Viva la Vida or Death and All His Friends (2008)
Viva la Vida or Death and All His Friends, atau sering disebut Viva la Vida saja, adalah album studio keempat oleh band rock alternatif Inggris Coldplay yang dirilis pada tanggal 11 Juni 2008 di Parlophone. Lirik di album ini berisi rujukan pada kehidupan, kematian, dan peperangan.

Daftar lagunya ada Life in Technicolor, Cemeteries of London, Lost!, Lovers in Japan/Reign of Love, Lovers in Japan, Reign of Love, Yes, Chinese Sleep Chant, Viva la Vida, Violet Hill, Strawberry Swing, Death and All His Friends, Death and All His Friends, The Escapist.



5. Mylo Xyloto (2011)
Mylo Xyloto adalah album studio ke-5 oleh Coldplay, band rock alternatif dari Inggris. Album ini dirilis pada 24 Oktober 2011. Nama album ini diumumkan lewat situs web Coldplay pada 12 Agustus 2011.

Singel pertama dari album ini adalah "Every Teardrop Is a Waterfall" yang dirilis pada 3 Juni 2011. Sedangkan singel kedua dari album ini adalah "Paradise" yang dirilis pada 12 September 2011.

Secara internasional, album ini memasuki tangga lagu di posisi nomor 1 di 17 negara. Di Britania Raya, Mylo Xyloto menjadi album ke-5 mereka yang melakukan debut di posisi nomor 1 di tangga lagu, dengan penjualan 208.000 unit di minggu pertama, juga memecahkan rekor penjualan digital minggu pertama dengan penjualan sebanyak 83.000.

Album ini merupakan album ke-3 Coldplay yang melakukan debut di posisi nomor 1 di tangga lagu Billboard 200 Amerika Serikat dengan penjualan sebanyak 447.000 unit di minggu pertama.

Lagunya ada Mylo Xyloto, Hurts Like Heaven, Paradise, Charlie Brown, Us Against the World, M.M.I.X., Every Teardrop Is a Waterfall, Major Minus, U.F.O., Princess of China, Up in Flames
A Hopeful Transmission, Don't Let It Break Your Heart, Up with the Birds, Charlie Brown, Life Is for Living.



6. Ghost Stories (2014)
Ghost Stories adalah album studio keenam dari band rock asal Inggris Coldplay.

Berikut daftar lagunya Always in My Head, Magic, Ink, True Love, Midnight, Another's Arms, Oceans, A Sky Full of Stars, O.




7. A Head Full of Dreams (2015)
A Head Full of Dreams adalah album studio ke-7 dari band rock Britania Raya Coldplay. Album ini akan dirilis oleh Parlophone dan Atlantic Records. Album ini akan menjadi album kedua band ini yang akan dirilis di Amerika Utara oleh Atlantic, setelah transfer Coldplay dari Capitol Records America pada tahun 2013.

Album ini berisi 11 lagu (12, jika menghitung lagu tersembunyi berjudul "X Marks the Spot") yang di antaranya merupakan kolaborasi dengan bebeberapa musisi dunia seperti Beyoncé, Noel Gallagher, Tove Lo, Khatia Buniatishvili, dan Merry Clayton.

Coldplay telah mengerjakan A Head Full of Dreams sejak musim panas 2014 ketika mereka sedang memrpomosikan album ke-6 mereka, Ghost Stories. Dalam sebuah wawancara dengan Jo Whiley dari BBC pada Desember 2014, basis Guy Berryman dan gitaris Jonny Buckland memberikan petunjuk adanya perbedangan antara A Head Full of Dreams dan pendahulunya. 

Buckland menyebutnya "malam dan siang", membandingkan gaya Ghost Stories dengan tema semangat di A Head Full of Dreams. Vokalis Chris Martin mengisyaratkan gaya album ini dengan mengatakan bahwa band ini sedang mencoba membuat seuatu yang berwarna-warni dan bersemangat. 

Dia juga mengatakan bahwa ini akan menjadi sesuatu yang akan "menggerakkan kaki Anda". Pada 26 September 2015, Coldplay memainkan sebuah lagu baru, diduga berasal dari album baru ini, bernama "Amazing Day" di Global Citizen Festival 2015 di New York City.

Seluruh lagu ditulis oleh Guy Berryman, Jonny Buckland, Will Champion and Chris Martin. Semua lagu diaransemen oleh Coldplay dan Stargate.

A Head Full of Dreams, Birds, Hymn For The Weekend, Everglow, Adventure of a Lifetime, Fun, Kaleidoscope, Army of One, Amazing Day, Colour Spectrum, Up&Up.




8. Everyday Life (2019)
Everyday Life adalah album studio kedelapan oleh band rock Inggris Coldplay. Album ini dirilis pada tanggal 22 November 2019 oleh Parlophone di Britania Raya dan Atlantic Records di Amerika Serikat. Album ini adalah album ganda yang dirilis sebagai CD tunggal, dengan bagian pertama berjudul Sunrise dan Sunset untuk bagian kedua.

Spekulasi mengenai keberadaan album ini terus berlanjut sejak rekaman mereka sebelumnya, A Head Full of Dreams, seiring dengan beredarnya rumor bahwa Coldplay akan bubar. 

Everyday Life  adalah album pertama dari band yang menampilkan kata-kata umpatan (terdapat pada lagu "Trouble in Town", "Arabesque" dan "Guns") dan juga album studio kedua mereka, setelah Ghost Stories (2014), yang tidak didukung oleh tur besar.

Everyday Life umumnya mendapat ulasan positif dari kritikus musik, yang memuji arahan alt rock eksperimentalnya, pergeseran ke lirik bermuatan politik, dan gaya lagu yang bervariasi berbeda dengan gaya lama mereka dengan album seperti Parachutes dan Viva la Vida or Death and All His Friends. 

Namun, beberapa merasa album tersebut kurang memiliki konsistensi tematik. Secara komersial, Everyday Life membuat band mendapatkan album nomor satu untuk kedelapan kali berturut-turut di UK Albums Chart dan album sepuluh besar ketujuh mereka di Billboard 200 AS.

Daftar lagunya yaitu Sunrise, Church, Trouble in Town, Broken, Daddy, WOTW / POTP, Arabesque, When I Need a Friend.


9. Music Of The Spheres (2021)
Music of the Spheres (subtitle Vol I. From Earth with Love) adalah album studio kesembilan oleh band rock Inggris Coldplay, dirilis pada 15 Oktober 2021 oleh Parlophone di Britania Raya dan Atlantic Records di Amerika Serikat. Album ini diproduseri oleh Max Martin, yang merupakan produser baru untuk diskografi band.

Album Ini menampilkan penampilan tamu dari Selena Gomez, We Are King, Jacob Collier dan BTS, serta kontribusi balasan dari produser elektronik Jon Hopkins.

Album ini adalah album konsep bertema luar angkasa kedua milik band, setelah X&Y tahun 2005, dan mengeksplorasi pop, pop rock, rock luar angkasa, musik luar angkasa, dan pengaruh sekitar. Itu diatur dalam sistem planet fiksi yang disebut The Spheres, yang berisi sembilan planet, tiga satelit alami, bintang dan nebula, dengan masing-masing sesuai dengan jalur tertentu dalam catatan. 

Menurut penyanyi utama Chris Martin, konsep dan temanya terinspirasi oleh franchise film Star Wars, yang membuatnya dan anggota band lainnya bertanya-tanya seperti apa artis lain di seluruh alam semesta, sekaligus menggunakan planet sebagai kanvas untuk mengeksplorasi pengalaman manusia. 

Untuk mengantisipasi album, mereka merilis "Higher Power" dan "My Universe" sebagai single, dengan yang pertama dinominasikan untuk Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik di Penghargaan Grammy Tahunan ke-64, dan yang terakhir dinominasikan untuk hal yang sama. penghargaan di Penghargaan Grammy Tahunan ke-65.

"My Universe" juga memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Billboard Hot 100, menjadikan Coldplay sebagai grup Inggris pertama dalam sejarah yang mencapai prestasi tersebut. "Let Somebody Go" kemudian dirilis sebagai single resmi ketiga pada 7 Februari 2022. "Coloratura", "People of the Pride", "Biutyful" dan versi live dari "Humankind" disajikan sebagai single promosi.

Music of the Spheres menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus, banyak di antaranya mengkritik kepekaan dan gaya pop album yang terang-terangan. Lagu penutup "Coloratura", bagaimanapun, menerima pujian kritis untuk struktur dan produksinya yang panjang dan tidak konvensional. 

Album ini mendapat penghargaan untuk Album Terbaik Tahun Ini dan Album Vokal Pop Terbaik di Penghargaan Grammy Tahunan ke-65, menandai nominasi ketiga band di kedua kategori tersebut. Ini memulai debutnya di atas Tangga Album Inggris sebagai proyek pertama sejak Proyek Kolaborasi No.6 Ed Sheeran (2019) yang terjual lebih dari 100.000 unit selama minggu pertama. Untuk mendukung rekaman tersebut, Coldplay mengadakan Music of the Spheres World Tour.

Daftar lagunya Music of the Spheres, Higher Power, Humankind, Alien Choir, Let Somebody Go with Selena Gomez, Human Heart with We Are King & Jacob Collier, People of the Pride, Biutyful, Music of the Spheres II, My Universe with BTS, Infinity Sign, Coloratura.



Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Profile Grup Band Coldplay, Personil dan Daftar Album Lagu Populer Viva La Vida, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Coldplay
Sumber gambar: Getty Images

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon