4 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Fresh Graduate Sebelum Memasuki Dunia Kerja


 
Campusnesia.co.id - Lulus kuliah atau menyelesaikan studi tepat waktu adalah impian bagi semua mahasiswa. Bayangan mengenai kehidupan setelah lulus kuliah yang bebas dan karir yang cemerlang sering kali menjadi motivasi para mahasiswa untuk segera menyelesaikan studinya. 

Namun pada kenyataannya kehidupan setelah kuliah tidak semudah yang dibayangkan. Persaingan dalam mencari pekerjaan sangatlah ketat dan selektif, sehingga tak jarang para fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus kuliah kalah bersaing dengan mereka yang sudah berpengalaman. 

Akan tetapi tidak sedikit juga fresh graduate yang berhasil mendapatkan pekerjaan yang bagus di awal masa meniti karir. Hal tersebut tentunya tergantung dari kualitas masing-masing individu. 

Para fresh graduate dituntut untuk terus meningkatkan skill dan kemampuan mereka agar lebih siap untuk menghadapi dunia kerja. Kira-kira apa saja sih, kemampuan yang perlu dipersiapkan oleh para fresh graduate untuk lebih siap menghadapi dunia kerja?.


1. Komunikasi yang baik
Kemampuan yang paling penting untuk dipersiapkan yaitu komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh setiap jenis pekerjaan. 

Kemampuan komunikasi ini tidak hanya sekedar kemampuan untuk berbicara, akan tetapi juga kemampuan untuk mendengar dan mencerna informasi dengan baik serta menulis dengan baik. 



2. Manajemen waktu
Selain komunikasi, kemampuan manajemen waktu dengan baik juga perlu diasah agar dapat lebih efektif dan efisien dalam menjalani suatu pekerjaan. 



3. Bekerja sama dalam tim
Kemampuan bekerja sama dalam tim juga sangat diperlukan karena sebagian besar pekerjaan memerlukan kerjasama tim yang baik. 

Dengan bekerja sama dalam tim, fresh graduate dapat belajar untuk bekerja dengan orang lain, berkolaborasi serta mencapai tujuan bersama. Selain itu, fresh graduate juga dapat belajar dari anggota tim yang sudah lebih berpengalaman.


4. Belajar secara mandiri
Yang terakhir adalah kemampuan untuk belajar mandiri. Banyak skill yang tidak diajarkan selama perkuliahan tetapi dibutuhkan oleh para fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja. 

Hal tersebut mengharuskan mereka untuk terus belajar dan mengembangkan skill secara mandiri, baik hard skill maupun soft skill. Skill tersebut dapat diperoleh dengan cara mengikuti training atau pelatihan mengenai bidang tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan yang diimpikan. 

Saat ini banyak media atau platform yang menyediakan berbagai training, mulai dari training sains, lingkungan hingga teknologi. Salah satu platform yang menyediakan training tersebut misalnya Orbitalearn. Orbitalearn menyediakan berbagai training yang berhubungan dengan dunia sains, teknologi dan juga lingkungan. 

Program training yang diselenggarakan sangat beragam, mulai dari Training Laboratory Series, Training Environmental Series, Training Food Industry series, Training ISO, Training IoT, Training Cyber Security dan masih banyak lagi. Harga training yang tersedia juga sangat terjangkau dan cocok di kantong pelajar. Selain itu, orbitalearn juga sering mengadakan training gratis yang bisa diikuti oleh umum, lho!

Oke sobat campusnesia, itu dia beberapa kemampuan yang harus dipersiapkan oleh para fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja. 

Bagi sobat campusnesia yang masih kuliah atau masih berjuang mencari pekerjaan, jangan pernah patah semangat untuk terus belajar yaa, karena tidak ada yang sia-sia dari proses belajar, semangat!




Penulis:
Rizka Indra Nareswari



Sumber gambar: 
freepik.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon