Waspada Penipuan Konser dan Festival Musik Memanfaatkan Hype Masyarakat yang Haus Ngonser




Campusnesia.co.id - Pandemi selama kurang lebih dua tahun setengah membuat banyak event yang mengharuskan berkumpul dan berkerumun dilarang oleh pemerintah karena aspek kesehatan. Salah satu yang terdampak adalah acara konser dan festival musik yang pada tahun 2019 tepat sebelum pandemi sedang di masa-masa puncaknya.

Begitu pandemi mulai mereda, peraturan pemerintah mulai dilonggarkan konser dan festival musik kembali hype diadakan di berbagai daerah dengan line up penampil yang memukau.

Sebut saja kesuksesan Pestapora, synchronize, hingga konser tunggal band legendaris Sheila On 7 dan Dewa 19 yang baru usai awal tahun 2023 kemarin.

Tak hanya yang bertaraf nasional, geliat konser band dan festival musik juga menjamur hingga daerah, penampilnya beragamd ari guest star band nasional, band indie dan grup serta penyanyi dari daerah seperti Denny Caknan, Guyon Waton, Ndarboy Genk.

Kebanyakan para penontonnya adalah anak muda, dari usia sekolah, mahasiswa hingga mereka yang sudah bekerja sebagai sarana healing dan mencari hiburan.

Walau harganya tidak murah, nyatanya ribuan tiket selalu sold out bahkan tidak sedikit yang sudah menabung dari jauh-jauh hari demi bisa bernyanyi bersama musisi yang mereka gandrungi.

Segala hype dan kehausan atas konser musik dan festival musik di atas tidak hanya dilihat oleh para musisi, promotor dan event organizer, ternyata para penipu juga melihatnya dan mengambil kesempatan.

Dari yang sekedar jadi calo tiket, borong tiket di awal dan jual mahal menjelang hari H atau on the spot hingga yang penipuan tiket murah nyatanya zong.

Baru-baru ini bahkan lebih niat lagi, seperti yang di post oleh akun twitter @annisaafitriir pada tanggal 2 Februari 2023 ia melihat sebuah akun di instagram bernama @bergembirafest yang akan mengadakan konser di Pontianak dengan line up Sheila On 7.


Tiket early bird dijual di platform Tiket.com dengan harga Rp 135.000, namun saat ia hendak membeli sudah sold out dan untuk pre sale dijual seharga Rp 275.000 melalui link google form.

Karena pengin banget nonton dan gak mau kehabisan lagi, ia membeli 2 tiket. Selang 30 menit tak kunjung dapat e-tiket, ia kembali cek akun ig @bergembirafest namun akun tersebut sudah menghilang, DM nya pun tak dibalas oleh admin.

"Aku juga langsung gercep buka twitter dan ngeliat info di menfess pontianak, ternyata bukan hanya aku yang menjadi korban penipuan tapi berdasarkan data laporan kepolisian ada sekitar 415 warga kota pontianak menjadi korban penipuan konser bodong ini." tulisanya di akun twitter.

Masih dari twit @annisaafitriir Kerugian uang dalam pembelian tiket konser @bergembirafest ada sekitar 144.043.000 juta rupiah dalam waktu 30 menit.

Update hari ini tanggal 8 Maret 2023 para pelaku penipuan berkedok konser dan festival musik di atas telah ditangkap, berikut kami lapirkan screenshoot dari akun twitter @annisaafitriir.


Selayaknya kejadian ini bisa jadi pelajaran bersama untuk kita semua, di tengah hype apapun mari tetap berhati-hati dan waspada sebelum memutuskan membeli sesuatu. Karena dalam hype apapun selalu saja ada orang yang berfikir sebagai celah untuk menipu memanfaatkan keinginan besar masayarakat.

Sebelum kejadian penipuan konser dan festival music di atas, sudah banyak penipuan lain yang memanfaatkan celah keburu-buran, hype berlebihan yang membuat orang tidak berhati-hati. Sebut saja berkali-kali penipuan yang dialami para Kpoper dari photocard, merchandise hingga tiket konser.

Sebagai penutup, tips dari kami hati-hati sebelum memutuskan untuk beli tiket konser dan festival music, pastikan jelas penyelenggaranya, waktu pelaksanaannya, tempatnya di mana, siapa promotornya, apa saja sponsornya dan paling penting siapa saja penampilnya.

Demikian sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Waspada Penipuan Konser dan Festival Musik Memanfaatkan Hype Masyarakat yang Haus Ngonser, semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


sumber: akun twitter @annisaafitriir


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon