Mengenal Perusahaan Kantor Akuntan Publik KAP The Big 4 dan Profile Masing-masing Perusahaan

 


Campusnesia.co.id - Sobat mungkin pernah dengar istilah The Big 4, bukan filmnya Abimana yang di Netflix kemarin ya, tapi merujuk pada perusahaan besar yang banyak diimpikan oleh para pencari kerja.

Selain karena reputasinya, perusahaan The Big Four juga diburu karena fasilitas, posisi pekerjaan dan tentu saja gajinya, tapi sebenarnya apa itu The Big Four? yuk coba kita cari tahu sama-sama.

Big Four Company merupakan empat Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terdiri dari Deloitte, PwC, EY, dan KPMG. Keempat KAP ini biasa disebut sebagai worldwide company karena mempunyai partner lokal di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Akuntan Publik bertugas memeriksa laporan keuangan, memberikan konsultasi keuangan, penghitungan pajak, maupun jasa pembuatan laporan keuangan.

Gaji di big 4 cukup tinggi yaitu sekitar 7juta/bulan. Disebut sebagai KAP Big Four karena keempat firma tersebut memiliki nilai aset yang besar dan jaringan yang luas. Keempat firma tersebut sering melayani perusahaan Global Fortune 500. Sebelum menjadi Big Four, sekitar tahun 1980-an, terdapat 8 firma besar. 


1. Deloitte
Deloitte Touche Tohmatsu Limited, atau biasa disebut Deloitte, adalah sebuah jaringan penyedia jasa profesional multinasional. Deloitte merupakan salah satu dari empat organisasi akuntansi terbesar di dunia dan merupakan jaringan jasa profesional dengan pendapatan dan jumlah pegawai terbesar di dunia.

Deloitte Indonesia adalah perusahaan independen yang menyediakan jasa audit, konsultasi,penasehat keuangan, penasehat resiko, pajak dan jasa terkait untuk klien-klien tertentu. Kami merupakan bagian dari Deloitte Asia Pasifik dan Jaringan Deloitte Global.

Dengan gaji yang akan diterima oleh pegawai Deloitte Indonesia beragam mulai dari 8,2-49,1 juta per bulan untuk bidang manajemen, 24-41,9 juta per bulan untuk bidang pelayan, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

Alamat:
The Plaza Office Tower, 32nd Floor, Jl. M.H. Thamrin Kav 28-30, RT.9/RW.5, Gondangdia, Menteng, RT.9/RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

Telepon: (021) 50818000




2. PwC
PricewaterhouseCoopers adalah sebuah jaringan jasa profesional multinasional, yang beroperasi sebagai sebuah kemitraan dengan merek PwC. PwC adalah jaringan jasa profesional terbesar di dunia dan dianggap sebagai salah satu dari empat firma akuntansi terbesar di dunia, bersama Deloitte, EY, dan KPMG.

PwC Indonesia adalah bagian dari jaringan PwC Global dan bekerja secara dekat bersama-sama dengan PwC lainnya yang tersebar di Asia Pasific dan dunia. Di PwC, tujuan kami adalah untuk membangun kepercayaan (build trust) di lingkungan kami serta menyelesaikan masalah-masalah yang penting (solve important problem).

Gaji yang akan diterima oleh pegawai PwC beragam mulai dari 4-70 juta per bulan untuk bidang manajemen, 27-30 juta per bulan untuk tax manager akuntansi, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

Alamat: 
Pakuwon Center, Tunjungan Plaza 5 Lantai 22 Unit 5, Jl. Embong Malang No. 1,3 & 5, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60261

Telepon: (031) 99245759



3. EY
Ernst & Young adalah firma jasa profesional multinasional yang berpusat di London, Inggris, Britania Raya. EY merupakan salah satu firma jasa profesional terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari firma audit Empat Besar.

Dengan sejarah panjangnya selama satu setengah abad, EY telah tumbuh menjadi firma audit dan akuntansi profesional yang terbesar di antara 4 besar dunia. Di Indonesia, EY telah menjadi perusahaan jasa pertama yang meraih revenue di atas Rp. 1 trilyun dengan jumlah tenaga profesional terbesar di negeri ini.

Dengan gaji yang akan diterima oleh pegawai EY beragam mulai dari 3-78,4 juta per bulan untuk eksekutif, 48-50,2 juta per bulan untuk bidang pelayanan, dan beragam lainnya tergantung dari bidang dan tingginya jabatan.

Alamat: 
Gedung Indonesia Stock Exchange, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Telepon: (021) 52895000




4. KPMG
KPMG International Limited adalah sebuah jaringan jasa profesional multinasional, dan merupakan salah satu dari empat organisasi akuntansi terbesar di dunia. 

KPMG merupakan Kantor Akuntansi Publik (KAP) dengan fokus pada layanan jasa profesional audit, perpajakan, dan konsultasi bisnis kepada klien perusahaan.

Gaji yang ditawarkan sudah pasti terbilang cukup memuaskan untuk para intern maupun fresh graduate mulai dari Rp. 5.000.000 - Rp. 7.000.000 per bulannya untuk bidang akuntansi.

Alamat: 
Wisma GKBI 33rd Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 28, RT.14/RW.1, Bend. Hilir, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

Telepon: (021) 5742333



Demikian tadi sobat Campusnesia, postinga kita kali ini tentang Mengenal Perusahaan Kantor Akuntan Publik KAP The Big 4 dan Profile Masing-masing Perusahaan, semoga bermanfaat sampai jumpa.


sumber: id.wikipedia.org
foto: ekrut.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys