9 Referensi Kerja Sampingan untuk Mahasiswa untuk Hasilkan Cuan Rupiah untuk Kuliah

 



Campusnesia.co.id - Setelah sebelumnya kita pernah membuat postingan tentang Ide Danusan untuk Organisasi Mahasiswa, kali ini kami akan hadirkan konten tentang Referensi Kerja Sampingan untuk Mahasiswa untuk Hasilkan Cuan Rupiah untuk Kuliah.

Bagaimanapun latihan mandiri sejak dari mahasiswa itu bagus, selain bisa untuk meringankan beban orang tua karena hasilnya bisa untuk bayar hal yang terkait kuliah, juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi.

Beberapa mahasiswa bahkan kerja sampingan untuk biaya kuliah agar tidak membebani orang tua dan bisa jadi karena memang tidak memungkinkan bagi keluarga untuk mendukung secara finansial.

Dan sekarang banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan selama jadi mahasiswa misalnya sepulang kuliah. 

Dahulu jenis pekerjaan ini terbatas misalnya hanya jadi tutor les privat atau jaga warnet, sekarang beragam jenis pekerjaan bisa jadi pilihan, apa saja? yuk bahas bersama.


1. Barista
Seiring mejamurnya kedai kopi, coffee shop dan cafe kebutuhan akan barista juga semakin meningkat dan ini adalah peluang bagi mahasiswa untuk mencoba jadi barista.

Barista adalah sebutan bagi orang yang punya keahlian khusus untuk membuat dan menyajikan minuman berbasis espresso yakni jenis minuman kopi yang diekstraksi memakai mesin khusus (mesin espresso).



2. Admin Sosial Media
Jadi admin sosial media sebuah toko online atau akun usaha juga bisa jadi pekerjaan sampingan. Mulai dari yang sederhana sekedar posting konten dan menajwab pertanyaan di DM atau yang lebihs serius seperti sosial media spesialis.

Mengutip Betterteam, social media specialist merupakan posisi pekerjaan yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu.



3. Waitress di Cafe
Seperti disebut pada poin pertama, pertumbuhan cafe dan warung-warung nongkrong kekinian pasti butuh waitress, ini cocok jadi pekerjaan sampingan karena kebanyakan warung dan cafe mulai buka sore hingga malam bisa dilakukan sepulang kuliah.

Jika waiter digunakan untuk menyebut pelayan laki-laki, waitress merupakan sebutan untuk seorang pelayan perempuan.

Waitress artinya seorang pelayan perempuan yang bertanggung jawab dalam melayani kebutuhan pengunjung saat berada di restoran, kafe, rumah makan, hotel atau kapal pesiar. Di Indonesia sendiri waitress dan waiters lebih sering dipanggil dengan pelayan atau pramusaji, tanpa ada perbedaan di keduanya.



4. Freelance Event
Biasanya dalam setiap event seperti konser, seminar besar, bazar hingga wedding butuh freelance untuk posisi tertentu. 

Jadi freelance event ini lebih enak karena mungkin hanya kerja beberapa jam atau hari ketika ada event saja, berbeda dengan menjadi Waitress, Admin sosmed dan Barista.



5. Open Comission
Jika sobat bisa menggambar ilustrasi atau karikatur bisa banget buka jasa open comission tinggal tawarkan saja jasanya, tentukan besaran fee nya dan jangan lupa pajang portofolio sobat desain-desain yang pernah dibuat.



6. Jasa Anjem
Buat yang punya kendaraan bermotor atau mobil bisa juga buka jasa anjem, promosikan jasa kalian berserta tarifnya di kontak wa, instagram dan twitter.



7. Jastip
Selain Anjem, Jastip atau Jasa Titip juga bisa juga bisa jadi pekerjaan sampingan. Cari makanan atau barang yang banyak dibutuhkan oleh pengguna twitter misalnya, tawarkan di base menfess dan bisa tingga tentukan berapa biaya jastipnya gak perlu ambil untung dari harga barang atau makanan cukup ambil uang jasanya saja.


Tonton juga versi videonya





8. Jasa desain grafis
Saat ini yang sedang tren adalah x banner wisuda atau standing banner sidang. Sobat yang pinter desain dengan canva, photoshop, adobe Ai atau Corel Draw bisa tawarkan jasa.

Untuk desain standing banner ukuran 60x60 cm dengan minimal 4 foto bisa ditarik komisi Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Tips perbanyak stok templates sebagai pilihan bagi customer dan bakal lebih mempercepat proses desain.



9. Jual makanan rumahan
Jika sobat pandai memasak bisa juga menawarkan open po untuk makanan dan jajanan yang teman-teman buat. Nanti kalau sudah ada yang pesan baru dimasakan.



Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang 9 Referensi Kerja Sampingan untuk Mahasiswa untuk Hasilkan Cuan Rupiah untuk Kuliah, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Nandar



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon