Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing Anak-Anak, Mahasiswa Undip Beri Pelatihan Bahasa Inggris Dasar

 


Campusnesia.co.id Tegal, Desa Pagiyanten, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah tempat pelaksanaan kegiatan KKN Tim 1 Undip 2023.

Dalam kegiatan KKN tersebut, Lesen Ambarsari, seorang mahasiswa Undip dari Prodi Bahasa Asing Terapan memberikan pelatihan Bahasa Inggris Dasar kepada anak-anak di SD Pagiyanten 1.

Pemberian pelatihan Bahasa Inggris dasar kepada anak-anak di SD Pagiyanten 1 dilatarbelakangi karena tidak diajarkannya pelajaran Bahasa Inggris di SD tersebut. Akibatnya, para siswa masih asing dengan Bahasa Inggris yang ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa dalam memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris serta pengetahuan terkait penyebutan benda- benda sekitar dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sendiri merupakan Bahasa Internasional yang paling banyak digunakan di dunia dengan jumlah penutur mencapai 1,45 miliar orang hingga tahun 2022 yang dikutip berdasarkan data dari Ethnologue. 


Banyaknya jumlah penutur Bahasa Inggris tersebut menunjukkan bahwa dengan menguasai Bahasa Inggris, memudahkan seseorang dalam berkomunikasi secara internasional. Selain itu, memudahkan dalam mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, karena banyak sumber ilmu pengetahuan seperti buku, jurnal internasional, dan teknologi yang menggunakan bahasa Inggris.

Pentingnya penguasaan Bahasa Inggris menjadi motivasi mahasiswa KKN untuk memperkenalkan Bahasa Inggris melalui pelatihan kepada anak-anak SD yang dilaksanakan setiap hari Kamis dan Sabtu di SD Pagiyanten 1. Pelatihan tersebut disambut dengan antusias oleh anak-anak. " Aku suka Bahasa Inggris, dan senang sekali bisa belajar Bahasa Inggris di sekolah" ujar Nabila, seorang siswa kelas 3 SD Pagiyanten 1. 

Pelatihan tersebut diawali dengan mengajarkan anak-anak cara memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris dan juga memperkenalkan benda-benda sekitar dalam bahasa Inggris. Selanjutnya anak-anak juga diajarkan terkait kata kerja, kata sifat, kata benda, kata ganti, dan materi lain yang menjadi bagian dari Bahasa Inggris dasar. 

Mahasiswa KKN juga menggunakan metode lagu untuk memperkenalkan kosakata dalam Bahasa Inggris. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak lebih mudah mengingat kosa kata tersebut dan tidak mudah bosan dalam belajar Bahasa Inggris.

Sebagai output kegiatan pelatihan Bahasa Inggris dasar tersebut, mahasiswa KKN Undip menyusun booklet dengan judul " Mari Mengenal Bahasa Inggris Dasar". Buku tersebut berisi tentang kumpulan kosa kata seperti, nama warna, profesi, bagian anggota tubuh, hobi, dan bangunan dalam Bahasa Inggris. Selain itu, juga terdapat materi tentang dasar- dasar bahasa Inggris yang terdiri dari Pronoun, Adjective, Noun, Conjunction, Adverb, Verb, Interjection, dan Preposition. 

Pelatihan Bahasa Inggris dasar diharapkan mampu menjembatani anak-anak dalam mempelajari Bahasa Inggris, yang merupakan salah satu Bahasa Internasional yang penting untuk dikuasai di era globalisasi seperti sekarang ini. Selain itu, pengadaan booklet oleh mahasiswa KKN Undip diharapkan mampu menjadi panduan khususnya bagi anak-anak di SD Pagiyanten 1 dalam mempelajari Bahasa Inggris. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon