Tim Departemen Peternakan FPP UNDIP Dampingi PKK Kedungmulyo Boyolali Dalam Pemeliharaan Ayam Kampung Skala Rumah Tangga

 


Campusnesia.co.id - Tim Departemen Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang melakukan pendampingan ibu-ibu PKK di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali untuk memelihara ayam kampung skala rumah tangga.

Koordinator kader PKK Desa Kedungmulyo ibu Sri Wahyuni mengemukakan kegiatan PKK selain pertemuan rutin posyandu, ada keinginan untuk memanfaatkan lingkungan khususnya memelihara ayam kampung secara intensif skala rumah tangga sebagai tabungan keluarga.

Materi yang disampaikan Lilik Krismiyanto, S.Pt., M.Si., mengenai pemeliharaan ayam kampung skala rumah tangga dapat sebagai tabungan keluarga, karena usaha ini menjanjikan untuk masa yang akan datang.  Peluang ayam kampung dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani tidak kalah seperti ayam ras pedaging. 


Ciri khas daging ayam kampung lebih banyak serat dan lembut dibandingkan ayam ras pedaging. Dilihat dari aspek nutrisi pakan, kebutuhan pakan untuk ayam kampung tidak semahal ayam ras pedaging. Kemampuan daya cerna khususnya serat lebih tinggi dibandingkan ayam ras pedaging.

Ditambahkan lagi oleh Rina Muryani, S.Pt., M.Si., bahwa ayam kampung memiliki daya tahan tubuh kuat karena pakan diformulasikan tidak menggunakan aditif berupa kimia. Pertumbuhan ayam kampung dapat dikontrol secara semi intensif, sehingga dalam 10-12 minggu dapat mencapai bobot badan 800-1.000 gr/ekor. 

Sebagai contoh, apabila setiap rumah memiliki 10 ekor ayam betina jadi telur bisa digunakan sendiri untuk keluarga untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Selain daging, telur juga dapat membantu meningkatkan konsumsi protein hewani masyarakat, sehingga ke depan dapat mengurangi stunting pada anak.

Desa Kedungmulyo memiliki potensi lahan pertanian khususnya pertanian jagung dan padi yang luas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk ternak baik itu bahan baku atau limbahnya. Sumber pertanian yang mendukung dan kesadaran masyarakat dapat memotivasi seluruh masyarakat bangkit dari kemiskinan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Departemen FPP UNDIP dan mahasiswa program studi S1 Peternakan dilaksanakan dalam rangkaian percepatan tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s). Dengan demikian kegiatan ini diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan yang masih ada di masyarakat.

Tim Departemen Peternakan FPP UNDIP yaitu Lilik Krismiyanto, S.Pt., M.Si., Rina Muryani, S.Pt., M.Si., serta mahasiswa Program Studi S1 meliputi Siti Farikathul M., Lisa Anjani dan Amalia Nabila.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon