Perlancar Persalinan, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Senam Hamil Pada Ibu Hamil

 


Campusnesia.co.idKehamilan merupakan suatu proses alamiah yang dialami seorang wanita mulai dari konsepsi, berkembang, hingga lahirnya janin. Saat masa kehamilan, Ibu akan merasakan perubahan-perubahan pada dirinya baik pada fisik dan psikologis karena merasakan adanya tambahan tanggung jawab karena membawa jiwa lain di dalam tubuhnya. Untuk itu, ibu hamil perlu menjaga kesehatan dirinya. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan melakukan senam hamil. Senam hamil merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental untuk menghadapi persalinan. Melalui senam hamil, ibu hamil dapat berlatih pernapasan dan membuat ibu hamil merasa relaks sehingga memudahkan  adaptasi ibu hamil akan perubahan pada tubuhnya.

Untuk menjaga kesehatannya, ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care) yang dilakukan oleh bidan desa. Salah satunya dengan melakukan kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama mengenai kesehatan bagi ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu mengenai kehamilan. 


Di Desa Keniten, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang telah dilakukan kelas ibu hamil yang rutin diadakan setiap satu bulan sekali. Pada setiap pertemuan memiliki materi yang berbeda-beda seperti pemeriksaan kehamilan, persalinan aman, nifas nyaman, dan pencegahan penyakit. Namun, ibu-ibu hamil di Desa Keniten masih belum mengenal senam hamil yang penuh manfaat.

Untuk menunjang kegiatan kelas ibu hamil, Mega Shafira Kaltimurni, seorang mahasiswi jurusan Kesehatan Masyarakat yang tergabung dalam Tim 1 KKN Reguler Universitas Diponegoro yang mengabdi di Desa Keniten, mengambil inisiatif untuk memberikan edukasi mengenai senam bagi ibu-ibu hamil di Desa Keniten pada hari Kamis, 26 Januari 2023. Edukasi dilakukan dalam bentuk penyuluhan mengenai pengertian dan manfaat senam hamil bagi ibu hamil dilanjutkan dengan melakukan senam hamil bersama-sama.

Pada kegiatan ini, Mahasiswa juga memberikan booklet sebagai media informasi. Harapannya, dengan melakukan senam hamil kondisi fisik ibu hamil lebih siap untuk menghadapi persalinan. 

Dengan demikian, ibu hamil di Desa Keniten dapat memahami pentingnya melakukan senam hamil untuk mempersiapkan persalinan baik persiapan fisik maupun mental. Karena dengan melakukan senam hamil, kondisi otot-otot dan persendian ibu hamil yang berperan dalam mekanisme persalinan akan lebih kuat dan sehat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon