Mahasiswa UNDIP Sosialisasi Pentingnya Menabung dan Berinvestasi Untuk Hadapi Inflasi

 


Campusnesia.co.idInflasi merupakan fenomena ekonomi yang seringkali ditemukan di berbagai negara dengan berbagai jenis dan memiliki dampak yang sangat dirasakan baik itu oleh warga masyarakat sebagai pelaku ekonomi kecil maupun perusahaan-perusahaan besar. 

Secara sederhana Inflasi merupakan istilah pengukuran terhadap seberapa cepat harga dari komoditas barang dan jasa meningkat, yang menyebabkan peningkatan pada biaya hidup sehari-hari seperti harga bahan baku makanan, serta berdampak buruk pada ekonomi secara keseluruhan. Inflasi dapat disebabkan oleh sejumlah faktor seperti adanya tingkat permintaan yang terlalu besar dibandingkan dengan tingkat persediaan, dan dapat dikendalikan atau ditahan dengan mengeluarkan kebijakan moneter kontraksioner.

Fenomena tersebut juga terjadi di negara indonesia dengan angka inflasi secara tahunan antara Desember 2022 terhadap 2021 tercatat sebesar 5,51%. Inflasi memiliki pengaruh yang dirasakan sampai pada pelaku bisnis kecil bahkan warga biasa yang menyadari adanya peningkatan dalam biaya hidup sehari-hari mereka. Namun, dengan adanya kesadaran yang tinggi dengan minimnya pengetahuan terhadap fenomena tersebut, masyarakat seringkali merasa tidak berdaya dan bingung mengenai apa yang dapat dilakukan sebagai pelaku ekonomi tingkat rendah.


Menanggapi hal tersebut, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Anantyo Yudhistira Wicaksono dari Jurusan Akuntansi mengambil langkah dalam mencegah dampak dari inflasi melalui sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Pagedangan Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal khususnya kepada warga masyarakat yang diantaranya merupakan pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM serta anggota dari Karang Taruna Desa Pagedangan. Pengadaan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran mengenai solusi terhadap permasalahan inflasi melalui pengelolaan keuangan mendasar yakni kegiatan nyata menabung dan investasi.

Kegiatan menabung dapat terkesan sebagai sesuatu yang sepele namun sebenarnya sangat efektif dalam menghadapi inflasi. Dengan menyisihkan uang, maka seseorang akan terdorong untuk menghindari pengeluaran berlebih dan akan memiliki dana simpanan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. 

Hal tersebut merupakan langkah yang tepat dilakukan terutama dalam masa inflasi dimana nilai mata uang semakin menurun menyebabkan kenaikan pada harga barang dan penurunan daya beli masyarakat.

Investasi merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk melindungi aset keuangan yang dimiliki. Dengan menginvestasikan uang yang dimiliki, maka uang tersebut akan terhindar dari inflasi dalam arti bahwa nilainya tidak akan berkurang. Hal tersebut dikarenakan uang tersebut tidak disimpan, melainkan ditanamkan sebagai modal yang juga dapat memberikan keuntungan. 

Investasi juga dapat dilakukan dalam berbagai tingkat dan untuk berbagai tujuan selain meraup keuntungan dalam jumlah besar. Terdapat instrumen investasi yang bersifat konservatif seperti emas yang relatif kecil resiko nya sehingga dapat digunakan sebagai pilihan investasi untuk melindungi aset kekayaan yang dimiliki.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon