Mahasiswa KKN Undip Beri Masukan Program Terkait Perencanaan dan Pembangunan Desa Kupu yang Berkelanjutan

 


Campusnesia.co.idDesa Kupu, Kecamatan Dukuhturi, Kab Tegal (09/02/2023), Mahasiswa KKN Undip Tim 1 periode 2022/2023 melakukan observasi dan wawancara terbuka sebagai bentuk masukan terkait perencanaan dan pembangunan desa berkelanjutan. Masukan yang diberikan berupa pembuatan poster kreatif yang berisikan ajakan untuk warga Desa Kupu mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam upaya pembangunan desa. 

Dari hasil observasi dan wawancara terbuka yang dilakukan oleh Desinta Amalia mahasiswi KKN Tim 1 Undip, bahwa permasalahan yang saat ini terjadi di Desa Kupu adalah permasalahan mengenai pengelolaan sampah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran warga Desa Kupu terhadap lingkungannya. 

Saat kegiatan observasi dilakukan, ditemukan tumpukan sampah yang dibakar di pekarangan rumah ataupun lahan kosong milik warga. Hal tersebut terjadi karena kurangnya petugas kebersihan yang mengambil sampah-sampah milik warga Desa Kupu. Tidak hanya itu, keberadaan tempat sampah pun juga jarang terlihat di depan halaman rumah mereka. 

Saat dilakukan wawancara terbuka dengan salah satu warga Desa Kupu, pada hari Kamis (19/1/23) menjelaskan bahwa kurangnya kesadaran dan partisipasi warga dalam menangani persolan pengelolaan sampah, sehingga warga perlu diberikan sosialisai dan edukasi terkait pentingnya partisipasi dalam kesadaran pengelolaan sampah.

Dalam poster yang disusun oleh Desinta Amalia berisikan beberapa point yang disampaikan:
1 Rumusan permasalahan 

2. Solusi permasalahan

3. Bentuk keterlibatan warga

4. Manfaat keterlibatan masyarakat

Tujuan dari kegiatan ini sebagai sarana komunikasi tidak langsung yang nantinya akan menjadi tambahan wawasan bagi masyarakat Desa Kupu, karena peletakan poster ini ditempel dipapan informasi Balai Desa Kupu yang merupakan fasilitas publik sehingga isi poster tersebut dapat tersamapikan dengan jelas. 

Program ini sebagai masukan atau usulan supaya diadakan sosialisasi  tentang pentingnya partisipasi masyarakat dan memberikan implikasi kepada masyarakat Desa Kupu bahwa desa yang ingin maju harus melibatkan masyarakat dalam setiap pembangunan dan kegiatan.

Selain itu untuk mendukung pembangunan desa, Desinta menyusun booklet profil desa yang berisikan mengenai sejarah, demografi, dan kebudayaan masyarakat yang dibagi dalam beberapa unsur kebudayaan. Tidak hanya untuk pemerintah desa, penyusunan booklet profil ini juga ditujukan bagi warga desa dengan harapan dapat memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai Desa Kupu. 


Proses penyusunan dimulai dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan berbagai metode. Survey lapangan dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik yang ada di lapangan sehingga diketahui secara benar apa yang terjadi. Untuk informasi lainnya, seperti sejarah, demografi, dan unsur kebudayaan masyarakat diperoleh melalui wawancara dan telaah dokumen.

Setelah data dan informasi terkumpul, Desinta melanjutkan proses penyusunan dengan merangkum seluruh data dan informasi yang diperoleh dan melakukan proses editing. Kemudian booklet yang telah dicetak diserahkan kepada Bapak Miftah selaku Kepala Desa Kupu. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon