Review Film India Pathaan, Ketika Shah Rukh Khan jadi Agen Intelijen

 


Campusnesia.co.id - Bagi sobat fans Shah Rukh Khan yang sudah menantikan kembalinya ke layar lebar, tahun 2023 ini dibuka dengan comebacknya sang raja akting India ke bioskop bersama film aksi berjudul Pathaan.

Pathaan adalah sebuah film cerita seru aksi berbahasa Hindi India tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Siddharth Anand dan diproduksi oleh Aditya Chopra. Film tersebut dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Deepika Padukone dan John Abraham. Film ini merupakan film keempat dalam YRF Spy Universe, dan merupakan film comeback Khan setelah Zero (2018).

Pathaan dirilis di India pada 25 Januari 2023, bertepatan dengan akhir pekan Hari Republik India dalam format IMAX, 4DX dan standar bersama dengan versi sulih suara dalam bahasa Tamil dan Telugu. Pathaan menerima ulasan positif dari para kritikus.


Pemeran film india Pathaan 2023

Shah Rukh Khan sebagai Pathaan, agen lapangan RAW

Deepika Padukone sebagai Rubina Mohsin, mantan agen ISI

Grace Girdhar sebagai Rubina Muda

John Abraham sebagai Jim, pemimpin "Outfit X" dan mantan agen RAW

Dimple Kapadia sebagai Nandini, Kepala JOCR (Joint Operation and Covert Research)

Ashutosh Rana sebagai Kolonel Sunil Luthra

Aakash Bhatija sebagai Amol, anggota JOCR

Shaji Choudhary sebagai Raza, sekutu Pathaan

Ekta Kaul sebagai Shweta, sekutu Pathaan

Prakash Belawadi sebagai Dr Sahani

Manish Wadhwa sebagai Jenderal Qadir

Prem Jhangiani sebagai Dr. Farooqui

Diganta Hazarika sebagai Joseph, sekutu Pathaan

Viraf Patel sebagai Rishi, sekutu Pathaan

Rumi Khan sebagai anak buah Jim

Mansi Taxak sebagai istri Jim

Ashutosh Singh sebagai ayah Rubina

Amanpreet Hundal sebagai ibu Rubina

Rakesh Khatri sebagai Pengawas ATC

Mustafa Aksari sebagai Fayyed

Salman Khan sebagai Avinash Singh "Tiger" Rathore (penampilan cameo)


Sinopsis dan alur cerita film india Pathaan 2023

Pada tahun 2019, Pemerintah India mencabut Pasal 370, yang memberikan status khusus untuk Jammu dan Kashmir. Berita itu memengaruhi seorang jenderal tentara Pakistan yang menderita kanker, Qadir, yang memutuskan untuk membalas dendam terhadap India. Dia menandatangani kontrak dengan Jim, yang memimpin "Outfit X", sebuah kelompok teroris swasta.

Sementara itu, Pathaan, seorang agen RAW yang rentan, dan perwira seniornya Nandini membuka sebuah unit bernama Joint Operation and Covert Research (JOCR) yang merekrut para agen, yang telah pensiun dari trauma dan cedera di masa lalu, namun tetap memiliki semangat untuk melayani negara. 

Dengan penerimaan sekretaris bersama RAW, Kolonel Sunil Luthra, Pathaan dan timnya pergi ke Dubai untuk menghentikan rencana Outfit X menyerang Presiden di konferensi ilmiah, tetapi menyadari bahwa rencana mereka sebenarnya menculik dua ilmuwan Dr. Sahani dan Dr. Farooqui. Jim menyerang konvoi ilmuwan dan menculik mereka. Pathaan mencoba menghentikannya dan perkelahian pun terjadi, tetapi Jim berhasil melarikan diri dengan para ilmuwan.

Di markas, Luthra mengungkapkan bahwa Jim adalah mantan agen RAW, yang dinyatakan meninggal bertahun-tahun yang lalu, tetapi sebenarnya memalsukan kematiannya untuk membalas dendam terhadap negaranya karena membiarkan istri dan anaknya yang belum lahir terbunuh di tangan teroris Somalia. 

Pathaan mengetahui tentang kata sandi yang dijuluki "Raktbeej" dan juga bahwa orang mati di Dubai adalah mantan agen rahasia / tentara dan uang mereka ditransfer ke Rubina Mohsin, seorang dokter Pakistan di Spanyol. Dia melakukan perjalanan ke Spanyol dan ditangkap oleh anak buah Jim, di mana dia juga mengetahui bahwa Rubina adalah mantan agen ISI. Saat Jim meninggalkan tempat persembunyiannya, Rubina menyerang anak buah Jim dan kabur bersama Pathaan.

Belakangan, Rubina mengungkapkan bahwa Raktbeej ada di Moskow, tempat Jim setelah mencurinya. Duo ini pergi ke Moskow dan mencuri Raktbeej sebelum Jim. Pathaan dan Rubina berhasil mendapatkan akses ke menara tempat Raktbeej diadakan, dan berhasil mencurinya, tetapi Rubina mengkhianati Pathaan dan menangkapnya oleh polisi. 

Terungkap bahwa Jim sebenarnya menggunakan Rubina untuk membuat Pathaan mencuri Raktbeej untuk dirinya sendiri dengan menggunakan kelemahannya pada emosi. Pathaan dibawa ke penjara dengan kereta api, tetapi dibiarkan mati di tangan para tahanan. Dia bertarung dengan para tahanan di mana Avinash "Tiger" Singh Rathore datang untuk menyelamatkannya, seperti yang diinformasikan oleh Nandini melalui kode Morse. Pathaan dan Tiger menggagalkan polisi dan konvoi dalam baku tembak dan kabur.

3 tahun kemudian, Pathaan melakukan perjalanan ke Afrika dan menangkap antek Jim, Raafe, dan kabur. Dia kemudian bertemu Nandini di tempat persembunyiannya di Rusia dan mengungkapkan tentang Jim yang membeli dua rudal pedang, di mana Nandini mengungkapkan lokasi Rubina di Paris. 

Pathaan bertemu Rubina, yang mengungkapkan bahwa Raktbeej adalah virus bermutasi yang dirancang cacar yang akan membunuh seseorang dalam beberapa jam dan Jim berencana untuk menyebarkan virus tersebut dengan bantuan Dr. Sahani yang enggan. Dia juga mengungkapkan bahwa dia merasa bersalah karena mengkhianati Pathaan tanpa mengetahui bahwa negaranya akan merencanakan serangan keji tersebut. Rubina mengungkap lokasi lab Jim, di mana Pathaan dan timnya menyerang lab tersebut dan berhasil memulihkan satu bola yang berisi virus, sedangkan bola lainnya bersama Jim, yang kabur bersamanya.

Pathaan dan timnya menuju Institut Penyakit Menular India (IICD) untuk menyiapkan vaksin virus tersebut, di mana Jim memanggil mereka dan mengungkapkan bahwa bola tersebut telah menyebarkan virus di lab. Ilmuwan yang terinfeksi, bersama Nandini meninggal di lab, yang membuat Pathaan bertekad untuk menangkap Jim. Laboratorium dihancurkan dalam ledakan untuk mencegah penyebaran virus. Jim memberikan ultimatum untuk mengevakuasi tentara India keluar dari Kashmir dalam waktu 24 jam. 

Pathaan menginterogasi Raafe tentang lokasi misil tersebut, dan dia mengetahui bahwa misil tersebut terletak di Afghanistan. Dengan memikat tentara Jim ke dalam jebakan, Pathaan, Rubina, dan timnya menyerang markas Jim tempat Qadir dibunuh oleh Rubina sebelum mengaktifkan virus. Pathaan mengejar Jim dengan jetpack, dan mereka mendarat di kabin.

Sementara itu, Rubina menemukan bahwa Raktbeej tidak berada di dalam rudal, tetapi berada di dalam pesawat penumpang yang mendarat menuju Delhi, di mana dia memberi tahu Pathaan, yang menemukan bahwa Jim memiliki detonatornya. Luthra memanggil kontrol lalu lintas udara untuk mencegah pesawat mendarat di Delhi. 

Di dalam kabin, Pathaan dan Jim berkelahi dimana meski ditusuk oleh Jim, Pathaan mencuri detonator dan menonaktifkan Raktbeej, sehingga menyelamatkan penumpang, dan membunuh Jim dengan melemparkannya dari tebing. Setelah itu, Pathaan diangkat kembali dan diangkat sebagai kepala JOCR, sedangkan Nandini secara anumerta diberikan penghargaan atas keberaniannya.

Dalam adegan pasca-kredit, Pathaan dan Tiger terlihat berpikir untuk pensiun dan menyarankan agen muda yang bisa menggantikan mereka, tanpa mengungkapkan nama mereka.


Poster film india Pathaan 2023



Trailer film india Pathaan 2023



Review film india Pathaan 2023

Secara keseluruhan sebagai penggemar Shah Rukh Khan Pathaan adalam comeback yang epik selama karirnya, setelah penampilannya di film Zero yang menurut saya kurang.

Lagu dan jogetan ala india juga kembali menarik setelah sekian banyak film baru india lagu-lagunya kurang hit.

Dari sisi aksi juga megah dan mewah jauh dari film aksi Shah Ruk Khan lain misalnya Diwalhe.

Tanpa banyak kata film Pathaan rekomended di tonton dan cocok ngajak keluarga.



Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon