Alur Cerita dan Review Film India Jawan, Ketika Shah Rukh Khan Memerankan Dua Karakter Dalam Satu Film

 



Campusnesia.co.id - Semarang 14/09/2023. Setelah sukses dengan film aksi terbarunya Pathaan, sang Raja Bollywood Shah Rukh Khan kembali ke layar lebar dengan film baru berjudul Jawan yang juga bergenre action.

Jawan yang dalam Bahasa Indonesia berarti Tentara merupakan sebuah film aksi India tahun 2023 yang ditulis bersama dan disutadarai oleh Atlee dalam film Hindi pertamanya. Ini diproduksi oleh Gauri Khan dan Gaurav Verma di bawah Red Chillies Entertainment. Film ini dibintangi oleh Shah Rukh Khan dalam peran ganda, bersama Nayanthara, Vijay Sethupathi, Deepika Padukone (dianggap sebagai penampilan khusus), Priyamani dan Sanya Malhotra.

Fotografi utama dimulai pada September 2021 dengan pembuatan film berlangsung di Pune, Mumbai, Hyderabad, Chennai, Rajasthan dan Aurangabad. Soundtrack dan musik latar belakang film ini disusun oleh Anirudh Ravichander, dengan sinematografi oleh G. K. Vishnu dan editing oleh Ruben.

Jawan awalnya direncanakan rilis pada 2 Juni 2023, namun ditunda karena pekerjaan pasca produksi yang belum selesai. Film ini dirilis secara teatrikal pada 7 September 2023 dalam format standar, IMAX, 4DX dan format premium lainnya, bertepatan dengan Janmashtami. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus.


Sinopsis film Jawan
Azad Rathore adalah sipir penjara dari penjara wanita di Mumbai, yang bersama dengan geng wanita/napi yang terdiri dari Lakshmi, Eeram, Ishkra, Kalki, Helena dan Janhvi; membajak Mumbai Metro dan bernegosiasi dengan petugas NSG Narmada Rai, untuk meminta pemerintah mengirimkan ₹40.000 crores sebagai ganti nyawa para penumpang. Kaliee Gaikwad, yang merupakan pedagang senjata terbesar keempat di dunia, mengetahui bahwa putrinya Alia juga salah satu tawanan di kereta dan setuju untuk memberikan uang tersebut. Ketika Alia mempertanyakan motif mereka, Azad mengungkapkan rencananya untuk menyumbangkan uang tersebut kepada kelas ekonomi tertentu yang kurang beruntung di negara tersebut. Azad dan gengnya menyumbangkan seluruh uangnya dan berhasil melarikan diri dari Metro.

Sementara itu, Azad bertemu Narmada dan putrinya Suchi, cinta perlahan muncul di antara mereka berdua dan mereka akhirnya menikah. Azad dan kelompoknya menjalankan rencana lain untuk menculik Menteri Kesehatan dan menuntut untuk memulai infrastruktur kelas dunia untuk setiap rumah sakit pemerintah, dengan imbalan Kesehatan kehidupan Menteri. 

Infrastruktur segera dimulai di rumah sakit, memungkinkan Azad dan gengnya untuk melarikan diri lagi setelah baku tembak antara Narmada dan timnya. Suatu malam, Narmada mengetahui identitas asli Azad dan menghadapinya, namun saudara laki-laki Kaliee, Manish Gaikwad dan anak buahnya menangkap dan menyiksa mereka. Namun, Azad diselamatkan oleh doppelgängernya bernama Vikram, dimana dia dibawa ke rumah persembunyian. Narmada mengetahui identitas kaki tangan Azad dan mengonfrontasi mereka, di mana dia mengetahui hubungan Azad dan Vikram.


Setting Masa Lalu
Vikram adalah seorang komando di Angkatan Darat India, yang memulai operasi untuk memburu kelompok teroris yang bertanggung jawab menyerang dan membunuh 40 tentara India, serta menahan warga sipil tawanan. Vikram dan timnya menumpas para teroris, namun bukannya tanpa banyak korban jiwa. Vikram menyadari bahwa senjata mereka rusak dan mengajukan pengaduan terhadap Kaalie, yang merupakan pemasok senjata tersebut, tetapi Kaalie gagal membuat kesepakatan dengan Vikram. 

Pada malam yang sama, Vikram dan istrinya, Aishwarya, diserang di rumah oleh Kaalie dan anak buahnya. Kaalie membawa Vikram ke dalam pesawat dan menembaknya sampai mati, sementara Aishwarya dijatuhi hukuman penjara karena membunuh tiga polisi yang menjadi gaji Kaalie. Setelah itu, Vikram dinyatakan sebagai pengkhianat nasional. Aishwarya kemudian melahirkan anak mereka Azad di penjara. 

Bertahun-tahun kemudian, Aishwarya mengungkapkan masa lalunya kepada Azad dan memintanya untuk membuktikan Vikram tidak bersalah dan memberikan keadilan kepada mereka yang tertindas, sebelum dia kemudian dijatuhi hukuman mati. Tanpa sepengetahuan dunia, Vikram selamat dari serangan tersebut dan kehilangan ingatannya, dimana dia diselamatkan oleh suku Indian Timur Laut dan direhabilitasi di desa mereka. 30 tahun kemudian, Vikram memulihkan sebagian ingatannya, segera mengetahui bahwa Azad masih hidup dan berangkat untuk menemukannya.


Setting masa Sekarang
Mengetahui hal ini, Narmada memutuskan untuk membantu Azad dan timnya dalam misi mereka. Namun, rekan setim Narmada, Irani, yang diketahui berada di daftar gaji Kaalie, mencoba membunuh mereka; Lakshmi terbunuh dalam baku tembak yang terjadi. Azad tiba di penjara dan membunuh Irani dengan terinjak-injak. Vikram, Azad, dan timnya menyerang kontainer Kaalie, yang berisi uang untuk pemilu mendatang dan juga untuk meningkatkan ambisi politik Kaalie. 

Azad berhasil mencuri kontainer Kaalie, sementara Vikram ditangkap oleh anak buah Kaalie. Azad merilis video lain dan menyatakan bahwa dia telah mencuri mesin pemungutan suara dan menuntut penutupan 253 pabrik di negara tersebut, yang bertanggung jawab atas polusi udara dan air. Pabrik-pabrik tersebut disegel oleh pemerintah. Kaalie mengetahui lokasi Azad di penjara wanita itu dan perkelahian pun terjadi, di mana Vikram akhirnya memulihkan ingatannya dan membantu Azad dengan menggantung Kaalie sampai mati. Beberapa bulan kemudian, Azad dan timnya berangkat ke Swiss dan menargetkan Swiss Banks untuk operasi lainnya.


Daftar Pemeran film Jawan
Shah Rukh Khan dalam peran ganda sebagai Vikram Rathore dan Azaad Rathore, putra Vikram

Priyansh Vatiani dan Arijit Gaurav sebagai Azaad Muda

Nayanthara sebagai Narmada Rai Rathore, istri Azad

Vijay Sethupathi sebagai Kaalie Gaikwad

Deepika Padukone sebagai Aishwarya Rathore, istri Vikram (Penampilan spesial)

Priyamani sebagai Lakshmi

Sanya Malhotra sebagai Dr. Eeram

Sunil Grover sebagai Irani

Sanjeeta Bhattacharya sebagai Helena

Girija Oak sebagai Ishkra

Lehar Khan sebagai Kalki

Aaliyah Qureishi sebagai Jahnvi

Riddhi Dogra sebagai Kaveri

Mukesh Chhabra sebagai Pappu

Yogi Babu sebagai Pappu (versi Tamil)

Eijaz Khan sebagai Manish Gaikwad, saudara laki-laki Kaalie

Sangay Tsheltrim sebagai Juju

Seeza Saroj Mehta sebagai Suchi Rai, putri Namrata

Utsav Narula sebagai Mahaveer Jain

Viraj Ghelani sebagai Dubey

Bharat Raj sebagai Irai Anbu

Ravindra Vijay sebagai Mukund Menon

Kenny Basumatary sebagai Naazir Ahmed

Jaffer Sadiq sebagai Sudhir

Naresh Gossain sebagai Menteri Pertanian

Ashwin Kaushal sebagai Menteri Kesehatan

Sukhi Garewal sebagai Murad (Pengisi suara oleh Manoj Pandey)

Abhishek Deswal sebagai Abdul

Sai Dheena sebagai Sudhir

Ashlesha Thakur sebagai Alia Gaikwad, putri Kaalie

Smita Tambe sebagai ibu Kalki

Omkar Das Manikpuri sebagai ayah Kalki

Vivek Raghuvanshi sebagai Komando Alif

Ravindra Vijay sebagai Mukund Menon, Kolektor Distrik

Sharad Vyas sebagai Hakim

Dorendro Loitongbam sebagai Tabib Desa

Abiral Limboo sebagai Juju muda

Atlee sebagai dirinya sendiri dalam lagu "Zinda Banda" (penampilan kameo)

Sanjay Dutt sebagai Madhavan Nayak (penampilan kameo)


Poster film Jawan


Trailer film Jawan




Review film Jawan
Pada akhir tahun 2019, dikabarkan bahwa Shah Rukh Khan akan bekerja sama dengan sutradara film Tamil Atlee. Atlee mengonfirmasi proyek tersebut sambil mempromosikan Bigil.Pada Mei 2021, kabarnya syuting akan segera dimulai.

Film ini diproduksi oleh Gauri Khan di bawah Red Chillies Entertainment, sementara Gaurav Verma berperan sebagai ko-produser. Perusahaan membuat pengumuman publik pada 3 Juni 2022, mengonfirmasi proyek tersebut. Film ini dibuat dengan anggaran sebesar ₹300 crore.

Atlee ikut menulis naskah film tersebut bersama dengan S. Ramana Girivasan, dalam kolaborasi keempat berturut-turut dengan sutradara. Sumit Arora menyumbangkan dialognya.

Atlee selanjutnya mempertahankan sebagian besar teknisi normanya termasuk sinematografer G.K. Wisnu, editor Ruben, direktur seni T. Muthuraj dan sutradara pemeran pengganti Anal Arasu. Spiro Razatos, Craig Macrae, Yannick Ben, Kecha Khamphakdee dan Sunil Rodrigues juga dipekerjakan sebagai sutradara pemeran pengganti. Koreografer tari film ini meliputi Farah Khan, Vaibhavi Merchant, Shobi dan Lalitha.

Kalau ngomongin Shah Rukh Khan Memerankan Dua Karakter Dalam Satu Film sebenarnya film Jawan bukan yang pertama, ia pernah memerankan karakter ganda dalam film berjudul Fan yang tayang tahun 2016 dan film berjudul Duplicate tahun 1998.

Review lengkap film Jawan akan kami update setelah nonton filmnya ya :)



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon