3 Grup Ketoprak dengan Adegan Peperangan Terbaik versi Campusnesia

 


Campusnesia.co.id - Setelah nyaris dua tahun pandemi, pergelaran seni ketoprak kini sudah diijinkan kembali. Nyaris semua grup ketoprak punya jadwal yang padat tahun 2022 ini. Apalagi saat musim sedekh bumi, dalam sebulan bisa full booking kesana kemari.

Saya termasuk pecinta ketoprak baik dari sisi cerita maupun adegan peperangan yang selalu dinanti kehadirannya.

Sayangnya ketoprak jaman sekarang kurang memperhatikan dari sisi kualitas cerita, cenderung mengikuti permintaan pasar, porsi dangdutan, dagelan dan peperangan lebih diutamakan, tak ada pilihan karena trenya seperti itu sekarang kalau gak mau ngikuti permintaan bakal kalah dengan grup ketoprak lain.

Bagian peperangan atau wayang keprukpun identik dengan komedi, beberapa grup ketoprak tak serius menggarap koregrafi pertarungan, hanya gimmick membully, adu salto atau bagian kostum yang juga tak serius lagi.

Tapi tentu tidak semua demikian, setidaknya dari pulihan grup ketoprak yang sudah saya saksikan sepanjang tahun 2022 ini ada tiga grup seni ketoprak yang masih menampilkan babak peperangan yang bagus, dari sisi koreografi, komedi, kostum dan gimmick lainnya.

Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan Tiga Besar Grup Ketoprak dengan Adegan Peperangan Terbaik versi Campusnesia. Apa saja? ini daftarnya.


1. Wahyu Budoyo
Gaya pertarunganya terstruktur rapi dengan variasi koreagrafi yang api dan tidak monoton. Tidak hanya pamer salto atau saling ejek tapi sepanjang durasi peperangan padat dengan adegan pertarungan hand to hand bahkan lengkap dengan balutan adegan satu lawan dua bahkan lebih.

Drama pertarungannya juga tidak terkesan dibuat-buat dan lambat, sekali lagi menurut saya adegan peperangan atau gelut dari wayang kepruk grup ketoprak Wahyu Budoyo sejauh ini setidaknya di tahun 2022 adalah yang paling bagus dari semua aspek.

Penggunaan efek mercon juga masih dilestarikan bukan hanya saat adu ilmu antar prajurit juga ada scene favorit yaitu mendatangkan pusaka keris terbang. Biasanya datang dari pepohonan tinggi di sekitar panggung ketoprak dan melayang ke arah panggung dengan menyala terang dan disertai suara ledakan mercon saat sampai di atas panggung, kreatif damn memorable.

Hal unik lainnya adalah penggunaan properti dan practical effect misalnya pedang atau keris yang menembus perut dan berlumuran darah dan panah yang menancap di kepala.

Wahyu Budoyo punya channel youtube official yang menayangkan setiap penampilan live mereka namanya Wahyu Budoyo Official. Berikut salah satu videonya yang kami embed dari youtube. 

Adegan peperangan mulai menit ke 1.24.00 
(1 jam 24 menit)


2. Siswo Budoyo
Dahulu menurut saya tim peperangan dan adegan kepruk terbaik dipegang Siswo Budoyo setidaknya demikian ingatan saya ketika masih kecil di tahun 90an hingga 2000an. 

Sayang, setelah sekian puluh tahun tidak ada perkembangan yang signifikan dari gaya pertarungan atau koreografinya.

Sempat populer dengan kehadiran Ucil, kini nampaknya grup ketoprak Siswo Budoyo kembali mencari talenta muda baru sebagai pengganti Ucil yang sudah mendirikan grup ketoprak sendiri bernama Wahyu Manunggal.

Tim kepruk Wahyu Manunggal juga sebagian besar tim peperangan dari Siswo Budoyo, hal biasa dalam hal pagelaran ketoprak layaknya tim bola voli atau sepakbola istilahnya "Bon Pemain" dari tim lain.


Adegan peperangan mulai menit ke 1.40.00 
(1 jam 40 menit)




3. Wahyu Manggolo
Grup peperangan Wahyu Manggolo punya cirikhas yang setidaknya belum pernah ditampilkan oleh tim kepruk ketoprak lain yaitu penggunaan alat saat pertarungan misalnya tongkat, pedang kayu bahkan kursi ala Jackie Chan.

Inovasi ini saya apreasi karena akhirnya jadi pembeda dengan tim kepruk grup ketoprak lain. Mereka juga masih menggunakan alat peraga yang terbilang jadi tren era 90an seperti gajah dan lainnya.

Koreografinya serapi penampilan Wahyu Budoyo namun sedikit kurang greget, dan yang agak mengganggu adalah efek suara pertarungan dari keyboard yang jadi kurang natural, saran dari saya sebagai penikmat ketoprak lebih baik menggunakan efek suara konvensional drum dan simbal ala Wahyu Budoyo, itu alasan kenapa Wahyu Manggolo saya tempatkan di nomer tiga.


Adegan peperangan mulai menit ke 1.36.00 
(1 jam 36 menit)




Demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Tiga Besar Grup Ketoprak dengan Adegan Peperangan Terbaik versi Campusnesia. 

Tentu ini hanya pendapat pribadi berdasar pengalaman menonton saya, jika ada referensi grup ketoprak lain yang bagus adegan peperangannya silahkan tinggalkan di kolom komentar. Rangking ini akan kami update secara berkala.


Penulis

Nandar
Penikmat Seni Ketoprak


===
Baca Juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys