Penyebab Inden Motor Matic Honda Lama, Krisis Chip Semikonduktor



Campusnesia.co.id - Keponakan saya sejak bulan puasa kemarin memesan motor matic jenis Honda 125 ke sebuah dealer, oleh sang sales dijanjikan inden satu dua pekan.

Hingga pasca lebaran nyatanya motor impiannya tak kunjung datang dan sayangnya sang sales tak bisa memberi kepastian, hanya menyuruh sabar dan bilang sebentar lagi bakal datang. Terus saja begirtu hingga sebulan lebih berlalu.

Karena memang kebutuhannya mendesak untuk kendaraan pulang pergi kerja, saya coba membantu memcari ke dealer lain, hasilnya sama saja semua inden satu hingga dua bulan dan belum pasti kapan datang. Bukan cuma unit jenis Vario 125 tapi juga Beat, Vario 160 dan Scoopy.

Usut punya usut tanpa sengaja setelah membaca berita, biang kerok kelangkaan motor matic Beat, Vario dan Scoopy disebabkan karena kelangkaan komponen Chip Semikonduktor yang selama ini dimpor dari China dan rantai produksi distribusinya tergganggu secara global.

Bahkan Astra Honda Motor Indonesia mengeluarkan rilis resmi dan meminta maaf atas kelangkaan motor matic yang terjadi di pasaran yang menyebablan inden jadi lebih lama dari biasanya.

Dampak kelangkaan komponen Chip Semikonduktor motor Honda bukan hanya pada susahnya mencari motor baru ready stok tapi juga kenaikan harga yang ugal-ugalan hingga motor secondpun jadi ikut-ikutan naik harga karena stok terbatas dan yang membutuhkan banyak.

Apakah hanya motor matic produksi Honda yang terdampak? Mestinya tidak karena motor keluaran pabrikan Yamaha dan Suzuki juga menggunakan teknologi yang sama, hanya saja secara permintaan dan penjualan sudah rahasia umum bahwa Honda paling banyak diminati dari merk yang lain.

Selain itu kelangkaan juga hanya terjadi pada jenis Beat, Vario dan Scoopy untuk jenis seperti Revo, Supra X atau Motor Lali justru tersedia.

Kabarnya diprediksi recovery kelangkaan Chip Semikonduktor ini baru bisa pulih alhir tahun 2022, itu juga andai di China yang merupakan pusat produksinya tidak mengalami pandemi dan lockdown lagi.

Kita doakan semoga segera normal sehingga motor matic yang meralyat seperti Beat, Vario dan Scoopy kembali tersedia di pasaran dengan harga yang normal.
Definisi/arti kata 'inden' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah /indén/ n pembelian barang dengan cara memesan dan membayar lebih dahulu.


Pers Rilis PT Astra Honda Motor:

Produksi Motor Honda Kena Imbas Kelangkaan Semikonduktor Apa Fungsinya
Kelangkaan pasokan chip semikonduktor akibat pandemi memberi dampak besar pada berbagai industri secara global, termasuk pada industri otomotif.  

Akibat kelangkaan komponen tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk diantaranya tipe yang sedang populer di masyarakat. Sehingga waktu inden sepeda motor Honda pun menjadi lebih lama dari biasanya. 

Lalu apa semikonduktor itu dan bagaimana fungsinya? 
Chip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna. 

Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya. IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil. 

Chip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui arus listrik). Namun pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik), misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.  


Di mana komponen IC itu digunakan di sepeda motor? 
Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya. 

Bagaimana proses pembuatan IC itu? 
Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil. 


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon