Loading...

Jenis Tanaman di Sekitar Kita Alternatif untuk Aquarium Ikan Hias

 


Campusnesia.co.id - Memelihara ikan hias bisa jadi sarana healing yang murah, jadi teman saat santai, sepulang sekolah, kuliah atau kerja.

Aktifitas memberi pakan, membersihkan aquarium dan perawatan lain bagus untuk kegiatan ringan melatih empati, kasih sayang dan perhatian.

Selain ikan hias dan aquariumnya, tambahan aksesoris dalam tank dapat mempercantik tampilan dan nuansa alami, misalnya tanaman hias.

Idealnya jenis tanaman berikut yang sering digunakan untuk tanaman hias aquascape Amazon Sword, Aponogeton Ulvaceus, Ceratophyllum Demersum, Bacopa SP Colorata, Dwarf Baby Tears, Hygrophila Polysperma, Java Moss, Monte Carlo, Bucephalandra Black Phantom, Cryptocoryne,, Pontederiifolia, Cabomba Caroliniana, Echinodorus Tenellus, Hydrocotyle Leucocephala, Windelov, Marsilea Hirsuta, Echinodorus x Subulatus Lucanas, Blepharostoma Trichophyllum, Echinodorus Vesuvius, Hygrophila Difformis atau Water Wisteria dan Egeria Densa.

Tapi ya itu, harganya lumayan mahal apalagi bagi pemula seperti saya yang budget aquariumnya tidak lebih dari 50.000 sudah termasuk ikan hiasnya.

Tapi tenang, berdasar pengalaman kita bisa memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar kita untuk mengganti berbagai jenis tanaman hias aquarium di atas, harganya relatif terjangkau atau bisa minta gratis kepada tetangga.

Apa saja? ini dia daftarnya Jenis Tanaman di Sekitar Kita Alternatif untuk Aquarium Ikan Hias.


1. Kembang Krokot

Bunga Krokot sangat mudah ditemui di pekarangan rumah, tanaman ini sangat mudah dikembangkan cukup potek batangnya dan tanam di tanah basah sehari kemudian bakal tumbuh segar. Ciri khasnya mekar saat jam 7 pagi dengan bertagam varian warna bunga. Selain ditanam dalam Pot, kembang krokot biasanya dibiarkan menjalan menutupi tanah halaman warga desa.

Untuk akuarium dan aquascape potek saja beberapa batang kembang krokot, kalau punya pot tanaman hias tanah liat khusus aquarium tingga di masukan saja, jika tidak punya bisa diikat pada batu kecil, beberapa hari kemudian akan muncul akar yang artinya bunga krokot sudah hidup.

Untuk sobat yang menggunakan lampu aquarium, arah tumbuh batang krokot akan mengikuti sinar lampu dan jika beruntung akan berbungan dalam akuarium, mudah bukan? selamat mencoba.


Krokot yang jenis mawar atau rose moss nama latinya Portulaca grandiflora adalah tanaman hias yang tergolong familia Portulacaceae yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini disebut juga bunga pukul sembilan karena umumnya bunga mekar pada pukul sembilan pagi. 

Penamaan ilmiah terdiri dari portulaca, berarti gerbang yang merujuk kepada kapsul benih yang membuka seperti gerbang, dan grandiflora, berarti bunga yang besar. Portulaca adalah tanaman sukulen yang menyukai sinar matahari dan bunganya menguncup pada malam hari atau saat mendung.

Tumbuhan semusim ini dapat tumbuh antara 15 cm - 30 cm dengan batang basah dan sering bercabang mulai dari pangkal, batangnya tumbuh tegak atau sebagian terletak di permukaan tanah. Tanaman ini dipelihara sebagai tanaman pinggir di taman-taman, dan terdapat dari dataran rendah sampai 1.400 m di atas permukaan laut.

Daunnya tunggal, tebal berdaging, berbentuk bulat silindris dengan panjang 1 - 3,5 m berujung tumpul, sedangkan bunganya berkelompok 2 - 8 di ujung batang, mekar pada pagi hari dan layu menjelang sore, warna bunganya merah, putih, oranye atau kuning.

Krokot hias mudah dipelihara tanpa memerlukan banyak air, oleh karena itulah tanaman ini cocok di tanam di tempat-tempat yang kering atau memiliki curah hujan yang kecil. Perbanyakan umumnya secara vegetatif karena bunganya jarang tumbuh menjadi buah serta menghasilkan biji. Beberapa kultivar menghasilkan biji dan berbagai kultivar baru dihasilkan dari persilangan-persilangan yang dilakukan terhadapnya.

Untuk yang belum tahu, Krokot mawar memiliki kandungan portulal, betacyanin, betanin, serta betandin sehingga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, memar, radang kulit, dan luka bakar.


2. Daun Apu-apu Sawah atau Apon-apon 

Pemilik nama latin pistia stratiotes ini disebut juga daun abu-abu, gampang sekali ditemukan di sawah dan saluran irigasi. Bagi petani tanaman mengambang ini masuk kategori gulma yang mengganggu tanaman padi, jadi kalau sobat ambil untuk tanaman hias akuarium petani pasti tidak melarang.

Daun Apu-apu mengambang, akarnya panjang bisa jadi tempat bermain ikan, penempatan di kolam terbuka sangat bermanfaat sebagai pelindung panas bagi ikan dan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. pistia stratiotes juga bagus untuk kebersihan air.

Pistia adalah genus tanaman air dalam keluarga arum, Araceae. Ini adalah satu-satunya genus dalam suku Pistieae yang mencerminkan isolasi sistematis dalam keluarga. Spesies tunggal yang dikandungnya, Pistia stratiotes, sering disebut kubis air, selada air, kubis Nil, atau bunga kerang. 

Distribusi aslinya tidak pasti tetapi mungkin pantropis; itu pertama kali ditemukan dari Sungai Nil dekat Danau Victoria di Afrika. Sekarang hadir, baik secara alami atau melalui pengenalan manusia, di hampir semua saluran air tawar tropis dan subtropis dan dianggap sebagai spesies invasif serta habitat perkembangbiakan nyamuk. 

Nama genusnya berasal dari kata Yunani (pistos), yang berarti "air", dan mengacu pada sifat akuatik dari tumbuhan tersebut.[6] Julukan spesifik juga berasal dari kata Yunani, , yang berarti "prajurit", yang merujuk pada daun berbentuk pedang dari beberapa tanaman dalam genus Stratiotes.

Meskipun dianggap dapat dimakan, Pistia stratiotes tidak enak karena kaya akan kristal kalsium oksalat yang rasanya pahit. Namun demikian, ada catatan tentang tanaman yang digunakan sebagai makanan kelaparan di India selama Kelaparan Besar tahun 1867-1878.

Orang-orang Hausa di Nigeria memanfaatkan abu tanaman sebagai pengganti garam karena konsentrasi tinggi kalium klorida, garam mineral. Pengganti garam ini, juga disebut 'zakankau,' sangat penting, terutama ketika garam impor tidak tersedia.

Perhatian disarankan saat mengkonsumsi Pistia stratiotes, karena tanaman adalah hiperakumulator, dan dapat menyerap dan mengakumulasi logam berat beracun yang ada di lingkungannya. Kehadiran kristal kalsium oksalat konsentrasi tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti, penyerapan mineral terhambat dan batu ginjal.

Di Singapura dan Cina Selatan, Pistia stratiotes umumnya ditanam atau dikumpulkan sebagai pakan ternak untuk bebek. Selada air juga dianggap sebagai alternatif pakan unggas di Indonesia karena kandungan protein kasarnya yang tinggi.

Ada berbagai kegunaan medis dari Pistia stratiotes di seluruh wilayah di Asia dan Afrika. Di Nigeria, daun kering disiapkan menjadi bentuk bubuk dan dioleskan pada luka dan luka untuk disinfeksi. Penggunaan serupa hadir dalam pengobatan tradisional India, di mana daun bubuk diterapkan pada erupsi sifilis dan infeksi kulit. Di Nigeria dan Gambia, daunnya dimasukkan ke dalam air untuk membuat obat cuci mata untuk mengobati konjungtivitis alergi.

Pencuci mata dikenal memiliki efek pendinginan dan analgesik. Oleh karena itu, tanaman ini biasa disebut 'mata kasihan' di Afrika. Selain itu, daun Pistia stratiotes dapat dibakar menjadi abu, dan dalam pengobatan tradisional India dan Nigeria, abunya digunakan untuk mengobati infeksi kurap pada kulit kepala.

Sifat penyerapan yang tinggi dari selada air menjadikannya kandidat yang bagus untuk penyerap minyak yang dapat terurai secara hayati dalam tumpahan minyak laut. Khususnya, daun Pistia stratiotes dapat secara efisien menyerap sejumlah besar hidrokarbon karena luas permukaannya yang besar dan hidrofobisitasnya.

Sebagai hiper-akumulator, Pistia stratiotes telah dipelajari sebagai kandidat potensial untuk rencana pengolahan air limbah. Akar dan daun tanaman telah ditemukan menyerap kelebihan nutrisi dan logam berat, seperti seng, kromium, dan kadmium di perairan yang terkontaminasi.

Pistia stratiotes dapat ditanam di taman air untuk mengurangi pertumbuhan alga yang berbahaya dan kondisi eutrofik. Tanaman ini mampu mengontrol pertumbuhan alga dengan membatasi penetrasi cahaya di kolom air dan bersaing untuk nutrisi, dengan penyerapan yang signifikan dari fosfor dan nitrogen amonia.


3. Tanaman Paku di Tembok

Alternatif lain adalah tanaman paku yang biasa tumbuh diantara lumut menempel pada tembok atau dinding saluran air.

Tumbuhan ini biasa hidup di tempat lembab atau sering terkena aliran air, kadang juga diantara pipa air yang bocor, ambil saja beberapa beserta akarnya, bisa jadi tanaman hias untuk aquarium.

Tumbuhan paku (Pteridophyta) adalah divisi dari kingdom Plantae yang anggotanya memiliki akar, batang, dan daun sejati, serta memiliki pembuluh pengangkut. Pteridophyta berasal dari kata pteron: sayap bulu, dan phiton: tumbuhan.

Karena kecenderungan untuk tumbuh di tempat marginal, tumbuhan paku bukanlah kelompok tumbuhan yang memiliki peran budaya yang menonjol.

Banyak anggotanya menjadi tanaman hias, baik taman, pekarangan, atau ditaruh di pot sebagai tanaman beranda atau dalam rumah (indoor plant). Contoh-contohnya adalah berbagai paku pedang (Nephrolepis), berbagai paku epifit (misalnya paku tanduk rusa, kadaka, Davallia, Drynaria, sering kali tumbuh secara spontan lalu dipelihara), suplir (Adiantum), berbagai paku pohon, dan beberapa paku air untuk penghias akuarium (mis. Ceratopteris thalictroides).

Ental muda beberapa jenis paku dapat menjadi sayur, seperti paku sayur Diplazium esculentum, kadaka (di Taiwan), dan Cyathea (oleh orang Maori di Selandia Baru).

Berbagai jenis Azolla bersimbiosis dengan bakteri pengikat nitrogen bebas dari udara (Anabaena azollae). Akibatnya, biomassa Azolla ("azo" berarti berikatan dengan nitrogen) mengandung nitrogen yang tinggi dan dimanfaatkan dalam pertanian sebagai pupuk hijau.

Ada jenis paku yang bersifat sebagai penimbun logam berat dan potensial dalam fitoremediasi, seperti Pteris vittata dan Azolla spp.

Spora yang diekstrak dari strobilus Lycopodium dimanfaatkan sebagai lycopodium powder yang biasa digunakan untuk efek ledakan karena akan menyala sangat kuat namun dengan suhu rendah sehingga cukup aman untuk hiburan.


4. Ubi Jalar
Iya sobat tidak salah bacam ubi jalar juga bisa dijadikan tanaman hias untuk akuarium, ada dua cara pertama gantung ubi jalan di atas air akuarium dengan sebagian ubi tercelup air. Beberapa hari kemudian akan tumbuh akar dan daun. 

Akar yang rimbung dari ubi jalar bisa jadi hiasan dan tempat bermain ikan, memberikan nuansa rimbun, daunnya bisa jadi penyedia oksigen.

Cara kedua ambil batang daun ubi jalan yang sudah hidup dan tempatkan dalam akuarium seperti bunga krokot di atas.

Ubi jalar, ubi rambat, ubi manis, ubi jawa, ubi jenderal, petatas, ketela , atau ketela rambat (Ipomoea batatas) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi dari ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Bunga ubi jalar.
Ubi jalar berasal dari daerah beriklim tropis macam wilayah Amerika Selatan dan Papua (yang saat ini masih diperdebatkan). Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia. Proposal ini banyak ditentang karena bertentangan dengan fakta-fakta klimatologi dan antropologi.


5. Kangkung

Kangkung kita kenal sebagai sayuran, tapi bisa jadi tanaman hias untuk akuarium dan aquascpae juga. Bisa ditanam direndam bisa juga di tanam dalam pot mengambang untuk mendapatkan afek akar yang menggantung.

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia, tempat asalnya tidak diketahui. dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi, juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung lombok

Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Plecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah Lombok.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Jenis Tanaman di Sekitar Kita Alternatif untuk Aquarium Ikan Hias. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


===
Baca Juga:








Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys