Loading...

Mengenal Aktifitas Menulis Microblogging di Era Sosial Media dan Contohnya

 


Campusnesia.co.id - Dahulu untuk melakukan aktivitas Blogging atau menulis di internet seorang penulis atau blogger harus menggunakan platform website seperti blogger blogspot dari Google atau Wordpress.

Seiring perkembangan teknologi informasi dengan munculnya berbagai sosial media, aktivitas blogging kini mulai bergeser ke sosmed seperti twitter dan instagram yang disebut dengan istilah Microblogging.

Di Twitter, Microblogging dikenal dengan membuat Thread dan di Instagram menggunakan istilah Microblogging.

Mengutip dari Sproutsocial.com, microblogging adalah pembuatan pesan atau post singkat di web atau platform media sosial.

Konten pendek yang dibuat untuk microblogging bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan padat pada orang lain.

Dari sisi format konten microblogging umumnya lebih ringkas dan padat dibanding dengan blogging di platform website.

Microblogging memiliki kelebihan bisa mendapatkan engagement tinggi dan efek viral namun biasanya usianya lebih pendek.

Sedangkan menulis blog di platform website punya efek jangka panjang mendapatkan pembaca dan kunjungan jika berhasil memenangkan persaingan kata kunci tertentu di mesin pencarian Google, Yahoo, Bing dan lainnya.

Sebenarnya keduanya bisa dikombinasikan antara blogging di platform website dan microblogging di sosial media, caranya tulisan di website dibuat dengan rinci, panjang dan mendalam kemudian untuk pembaca di sosial media dibuat versi ringkasannya, Thread di twitter dan gambar di Instagram dengan menyebutkan untuk tulisan versi utuh bisa dibaca di website.

Perbedaan lain dari microblogging di sosial media dan blogging di platform website adalah dari sisi monetisenya, di website monetisasi bisa berupa article placement, backlink, banner dan yang paling umum adalah iklan dari google adsense.

Untuk microblogging, monetise bisa dilakukan dengan paid promote dan endorsement produk atau jasa, jadi terpisah antara konten microbloggingnya dengan monetisenya.

Contoh microblogging di akun Instagram "Rekomendasi Website Penyedia Template Cover Letter untuk Melamar Kerja dan Magang" klik di sini.

Contoh microblogging di twitter atau Thread "Kumpulan Situs Web Bermanfaat 
untuk Pelajar dan Mahasiswa" klik di sini.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Mengenal Aktifitas Menulis Microblogging di Era Sosial Media. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Nandar


===
Baca Juga:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys